Kata Bijak For Me

10.30 Muthi Haura 3 Comments


Hidup itu seperti roda. Kadang di atas, tak jarang pula di bawah. Hidup berjalan sesuai porsinya. Tak mendengar kata tunggu. Tak ada siaran tunda. Semua orang bergerak diporosnya masing-masing. Sekuat apapun untuk menyamai hidup orang lain, sedikitpun tak akan pernah bisa. Kamu dengan jalan hidupmu, aku dengan jalan hidupku.

Diusia 23 tahun ini, aku ngerasai banyak hal. Galau, sedih, bimbang, gamang, dan semua perasaan negative lainnya menghampiri. Galau ngelihat teman udah wisuda atau udah nikah. Galau ngelihat teman udah punya kerjaan tetap. Galau ngelihat teman udah kesana kemari. Galau ngelihat teman yang memiliki banyak prestasi.

galau
Galau. source: google

Sedih ngelihat teman satu persatu tak ada lagi waktu untuk saling berkumpul. Sedih karna sahabat udah punya hidupnya sendiri. Bimbang dengan arah tujuan hidup. Gamang dengan kemungkinan-kemungkinan masa depan yang entah akan dibawa kemana. Gamang dengan ketidakpastian pasangan.


Apa kalian ngerasain semua itu? Ya, aku ngerasain semuanya. Aku sedih. Aku galau. Aku bimbang. Aku resah. Akh! Aku merasa sendiri. I am alone. Dan sepertinya teman-teman aku juga ngerasai hal yang sama. Bukan aku mengada-ada, soalnya aku udah sharing kebeberapa teman dan mereka juga ngerasain apa yang aku rasain. Kayanya ini memang dilemanya seseorang yang berusia 20-an.



Aku ngerasa kacau. Aku pengen marah rasanya kesemua orang. Hampir tiap malam aku nangis untuk sesuatu yang aku nggak tau apa. Hampir tiap hari juga aku uring-uringan memikirkan banyak rencana masa depan, lalu seketika aku badmood karna satupun terlaksana. Hampir setiap hari aku bingung alasan aku harus berjuang sekarang itu apa? Orang-orang bilang, alasan mereka berjuang dan sukses adalah orang tua, trus aku?

Kedua orang tua aku udah nggak ada, jadi alasan aku berjuang apa? Sempat juga kepikiran, semua yang aku lakuin sekarang ini itu untuk apa? Untuk siapa? Iya, aku sekacau itu. Hingga akhirnya aku tersadar bahwa aku nggak bisa kaya gini terus. Aku nggak bisa terus-terusan berada dizona ‘kekacaun’ ini.

Aku harus keluar. Aku harus kembali bangkit. Dipostingan kali ini, aku akan memotivasi diri aku sendiri. Aku akan memberikan kata-kata bijak untuk diri aku sendiri. Ya karna yang bisa membangkitkan semangat pribadi adalah diri sendiri. Motivasi dari luar itu nggak bertahan lama, tapi motivasi dari dalam adalah sumber utama. Oke, langsung saja. Check this out:

Dear Muthi. Aku atau apa yang kamu hadapi tidaklah mudah. Aku tau seberapa berat rasanya. Aku tau kegamangan yang kamu rasakan. Aku tau seberapa rapuhnya kamu. Tapi aku yakin dan selalu percaya, bahwa kamu bisa. Bangunlah! Bangkitlah! Muthi Haura yang aku kenal adalah Muthi Haura yang selalu ‘kuat’ dalam menghadapi apapun.

Muthi Haura yang aku kenal adalah Muthi Haura yang selalu optimis untuk semua cita-citanya. Lantas sekarang kenapa kamu sebegitu lemahnya? Hey princess, kalau kamu jatuh, bangunlah. Angkat kembali kepalamu agar mahkotamu tak ikutan jatuh, lalu mulailah kembali. Berjalanlah kembali.

Hidup memang senang bercanda. Jika hidup punya 1000 alasan untuk membuatmu menangis. Bangkit dan tersenyumlah, karna kamu punya 10.000 alasan untuk bahagia. Ya, kamu 10.000 alasan, tinggal kamu mau atau tidak. Semua pilihan ada ditanganmu. Kamu ingin bahagia? Kamu sendiri yang ciptakan! Bukankah Allah juga sudah menyatakan bahwa Ia tidak akan merubah suatu kaum, kecuali kaum itu merubah dirinya sendiri.

Muthi, kamu boleh sedih. Kamu boleh nangis jika itu semua bikin kamu lega. Manusiawi, apalagi bagi seorang perempuan. Tapi ingatlah, setelah menangis, yakinkan dirimu untuk kembali bangkit. Yakinkan dirimu untuk kembali melangkah. Kalau kamu hanya menangisi nasib saja tanpa berusaha untuk bangkit, itu adalah sebuah kesia-siaan. Saat kamu sedih juga, kamu bisa baca kata-kata bijak yang pernah kamu tuliskan di postingan ini.  Atau kamu bisa juga baca kata-kata bijak dari canva. Kata-katanya keren dan rekomendasi.


Kedepannya nanti memang kita tak tau akan seperti apa, tapi yang harus dilakukan adalah terus berusaha. Fokuskan untuk terus mengembangkan potensi diri. Daripada kamu galau berlebihan, lebih baik kamu isi waktumu untuk melakukan pengembangan, bisa dengan membaca buku, membaca hal-hal yang bermanfaat, menulis, mengikuti seminar,  atau apapun yang positif yang membuatmu berkembang.

Percayalah, usaha tak kan pernah mengkhianati hasil. Apa yang kamu tanam saat ini, itu jugalah yang akan kamu tuai. Atur waktumu dengan sebaik-baiknya. Kurang-kurangi lihat sosial media untuk sesuatu yang tidak penting. Kurangi galau untuk laki-laki yang mungkin saja memikirkanmu saja tidak. Fokus saja memperbaiki diri. Percayalah, Allah akan kasih seseorang yang benar-benar tulus mencintaimu.

Allah akan kasih seseorang yang mencintaimu apa adanya. Yang menerima semua kelebihanmu dan menutup mata atas segala kekuranganmu. Semua akan indah pada waktunya. Yang harus kamu lakukan saat ini adalah terus berusaha, tentu saja harus libatkan Allah dalam semua aktifitasmu.

Jangan pedulikan orang-orang yang mencemoohmu. Jadikan saja mereka sebagai motivasi dan cambuk untuk terus maju. Mungkin sekarang kamu memang no body, tapi yakinlah suatu hari nanti kamu somebody. Mungkin sekarang kamu nothing, tapi suatu hari nanti, kamu something. Balas saja komentar negative dari mereka dengan senyuman dan jangan putus kontak dengan mereka, karna kamu masih membutuhkan mereka untuk melihat kesuksesanmu nanti.

proses
source: google

Teruslah berproses. Teruslah menjadi sosok yang kuat dan mudah-mudahan bisa menginspirasi orang-orang diseitarmu. Kegagalan itu bagaikan hujan dan keberhasilan bagaikan matahari, maka butuh keduanya untuk melihat pelangi. Aku yakin, suatu hari nanti, kamu akan jadi seseorang yang sangat diperhitungkan. Teruslah berusaha! Teruslah berjuang. Jangan pernah berhenti untuk sesuatu yang sudah dimulai, karna berhenti atau mundur, berarti hancur. Salam sayang dariku untukmu. See you at the top!

Itu dia kata-kata bijak a.k.a kata motivasi untuk diri aku sendiri. Semoga kedepannya aku akan semakin baik, juga kamu. Semangat selalu! Salam sayang, @muthihaura_blog.
Kamis, 9 Agustus 2018. 16.29 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

3 komentar:

  1. Membaca tulisan motivasi seperti ini bikin aku semangat. Trims yaa

    BalasHapus
  2. Bismillah, jalani hidup dengan penuh syukur. Tetap semangat menggapai cita-cita mulia sebagai manusia yang bermanfaat. Semoga menjadi lebih baik.

    Aamiin.

    BalasHapus