Tips Survive Untuk Maba Ilmu Komunikasi

07.00 Muthi Haura 0 Comments


Selesaikan apa yang telah dimulai, karna berhenti atau mundur berarti hancur. Itu yang selalu aku tanamkan dalam diri, termasuk saat harus menyelesaikan kuliah S1-ku di Jurusan Ilmu Komunikasi. Sebelumnya perkenalkan, namaku Muthi Haura.

Aku seorang introvert dan seorang yang sangat-sangat-sangat pemalu. Itu aku dulu. Saking pemalunya, aku nggak berani nyatakan pendapatku. Nyatakan apa yang aku rasa. Nyatakan semua yang ingin aku sampaikan. Iya segitunya. Tapi itu dulu, karna pada nyatanya, kalau kalian tanya sama teman-temanku yang sekarang atau teman sekelasku atau teman satu organisasi, nggak akan ada yang percaya kalau aku introvert.

Nggak akan yang percaya kalau aku pemalu. Aku yang sekarang itu cerewet, bahkan untuk sesuatu hal yang nggak pentingpun aku cerewetin. Iya segitunya. Di Jurusan Ilmu Komunikasi juga, aku belajar banyak hal. Sangat teramat banyak. Dan Alhamdulillah, April lalu, aku diwisuda dengan IPK 3,62.


Beda 0,01 dengan pemuncak Jurusan Ilmu Komunikasi. Saat kuliah juga, aku pernah dipercaya sebagai Redaktur di LPM Gagasan  dan dua periode menjabat sebagai Pimpinan Redaksi. Saat KKN juga, aku dipercaya sebagai sekretaris. 

 

Nggak, aku nggak hebat, aku hanya berusaha untuk terus menjadi lebih baik. Jadi kalau kamu nanya introvert dan pemalu, trus memilih masuk Jurusan Ilmu Komunikasi ya nggak ada salahnya. Why not, kan? Asal kamu berusaha untuk survive.



Kamu nggak punya kamera? Sama, bahkan sampai sekarangpun, aku nggak punya kamera padahal konsentrasiku broadcasting. Kamu nggak bisa design? Sama! Diawal-awal masuk aku juga nggak ngerti design, tapi saat masuk Jurusan Ilmu Komunikasi, diajarin deh. Gitu juga dengan halnya nulis. 

anime megang kamera
Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Kamera. source: google

Jadi no excuse lah ya kalau masih banyak alasan. Memang sih aku akui tantangan bagi seorang yang introvert itu saat berada di Jurusan Ilmu Komunikasi itu sangat besar, tapi bukan berarti nggak bisa. Oke deh, aku share untuk maba Ilmu Komunikasi versiku ya. Semoga bisa diterapkan dalam proses perkuliahan kalian.

Pertama, saat kamu memilih sebagai mahasiswa Komunikasi berarti kamu harus siap dengan segala konsekuensinya. Saat ditengah jalan nantinya kamu merasa ingin menyerah, jangan lakukan! Selesaikan apa yang sudah dimulai. Tekadkan untuk jadi yang terbaik dijurusan itu. Jadi mahasiswa komunikasi itu asik kok. Intinya, bulatkan niat. Bulatkan tekad.

Sejak awal juga, kamu harus tau alasan kamu masuk jurusan komunikasi itu apa. Pertahankan alasan itu sampai selesai. Coba sekarang list-listkan apa-apa saja alasan kamu memilih Jurusan Ilmu Komunikasi dan tempelkan didinding kamarmu.

Kedua, dipikiran orang-orang, mahasiswa komunikasi itu pandai ngomong didepan umum. Kebanyakan sih gitu, tapi sampai saat inipun aku masih belajar. Bagaimana proses belajar untuk pandai ngomong dihadapan umum? Kalau aku sih DISEMUA MATA KULIAH, aku harus ada bertanya atau menyatakan pendapat atau menyanggah pendapat orang lain. Gitu juga saat diorganisasi. 
  
anime baca buku
Baca buku. source: google

Pokoknya harus ada ngomong. Terserah deh mau salah. Terserah deh mau diketawain orang. Bodo amatin aja, namanya juga lagi belajar. Itu yang aku lakuin. Coba deh tanya sama teman-teman sekelasku, pasti aku dibilang salah satu mahasiswa yang aktif dikelas wkwk.

Ketiga, mahasiswa komunikasi identik dengan mahasiswa yang berwawasan luas. Rata-rata semua mahasiswa jurusan lain sih juga gini, tapi mahasiswa komunikasi kudu wajib berwawasan luas. Soalnya laboratorium alias ruang belajarnya mahasiswa komunikasi itu lewat radio, tv, majalah, koran, media-media online.

Nah dari semua media itu, mahasiswa komunikasi seharusnya jauh lebih banyak mendapatkan informasi kan? Mahasiswa komunikasi kalau lagi nonton film atau baca cerpen itu bukan sebagai penikmat, tapi pengamat.

Teman-teman komunikasiku cerita, kalau mereka lagi nonton di bioskop yang dilihat itu kadang cara pengambilan gambar difilm itu. Cara editing videonya. Karna mahasiswa komunikasi itu bukan sebagai penikmat. Kalau aku sendiri sih agar selalu dapat informasi up to date setiap harinya, aku baca wajib minimal satu berita.

Entah itu dari koran, majalah, atau dari media online. Tentu saja kalau dari media online harus dari media yang terpercaya. Salah satu media bagi anak komunikasi yang aku rekomendasikan adalah remotivi. Kalian bisa follow instagramnya atau cek channel youtubenya. Jangan lupa juga follow instagram aku ya haha.

Keempat, rata-rata hampir semua mahasiswa komunikasi itu fashionable, tapi aku nggak sih. Rata-rata kebanyakan gitu, kalau orang tuamu bisa dibilang (maaf) nggak berada. Kamu nggak perlu maksain. Kamu nggak perlu maksa untuk beli kamera mahal. Atau laptop yang bisa editing premiere yang mahal. Atau maksa beli drone.

Kamu nggak perlu ngelakuin itu. Emang sih alat bagi mahasiswa komunikasi terutama yang konsentrasinya broadcasting itu kamera dan lain sebagainya, tapi semua itu nggak perlu dipaksakan. Mungkin sejak awal masuk kuliah, kamu bisa nabung terlebih dahulu.

Kalau kamu nanti milih konsentrasi Public Relation yang nota bene isinya mahasiswa good looking, kamu bisa mulai ngerawat dirimu dari sekarang. Bisa dengan rutin pakai skincare dan ngubah hidup ke pola hidup sehat. Kelima, ikut organisasi! Ini kayanya menurut aku wajib banget, nggak harus bagi mahasiswa komunikasi aja.

Aku ngerasain banget manfaat dari ikutan organisasi. Belajar dikelas itu Cuma 5%, 95 % lainnya kita dapat dari organisasi. Kamu tau kenapa nilai tertinggi dikuliah itu empat? Padahal sejak kecil kita tau kalau nilai tertinggi itu 10? Karna empat yang kita dapat dari ruang kelas, enam lagi kita dapat di organisasi. Lewat organisasi juga, aku beberpa kali keluar kota secara GRATIS. Kamu juga bisa, makanya masuk organisasi ya.


Yang keenam, bikin target jangka panjang dan jangka menengah. Iya, kamu harus bikin target agar kamu tau mana yang prioritas mana yang nggak. Agar hidup kamu jelas dan jadi nggak keteteran sana sini. Sejak awal kuliah, aku biasain bikin target yang ingin aku capai. Nggak muluk-muluk kok targetnya, misal harus dapat A di mata kuliah ini.

Gitu dulu deh kayanya, soalnya udah enam halaman. Kalau ada yang mau ditanyakan, bisa email aku di muthihaura1695@gmail.com atau dm ig aku. Oke deh salam sayang, @muthihaura_blog.
Sabtu, 11 Agustus 2018. 22.14 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

0 komentar: