Bahan Berbahaya dalam Kosmetik

07.00 Muthi Haura 3 Comments


Hai guys, Assalamua’laikum. Gimana kabarnya dan sedang ngelakuin apa? Sudahkah membaca buku hari ini? Atau sudahkah mengembangkan skill hari ini? Apapun skill kamu, ayo kembangkan, walau hanya selangkah, yang penting kamu bergerak.

Iya, karna aku ngerasain banget kalau untuk memulai sesuatu itu rasanya malas banget. Gimana mau ngembangin skill kalau apa-apa malas, iya kan? Makanya aku sebisa mungkin bikin target atau to do list apa-apa saja yang harus aku lakukan dalam sehari. Tujuannya apa? Biar aku nggak malas-malasan. Biar aku sadar tanggung jawab. 






Coba deh bikin to do list juga dan konsisten ngejalani to do list yang udah kamu bikin. Kalau katanya Merry Riana: “Aku sampai dititik ini karna aku mempertahankan etos kerja yang kujaga mati-matian kedisiplinannya”. Kalau Merry Riana bisa, kita juga pasti bisa dong. Ayo semangat! Duh intronya kepanjangan ya? Nah, kali ini aku pengen sharing bahan berbahaya dalam kosmetik.

Jadi ceritanya dimalam tanggal 3 Agustus, aku dan beberapa temanku ke Pekanbaru expo. Kami singgah ke stand BPOM. Disana dikasih brosur informasi-informasi yang sangat bermanfaat. Diterangkan juga tentang berbagai hal. Dari hasil sharing dengan kakak penjaga standnya dan dari brosur selebaran, di post ini aku tulisin deh bahan berbahaya dalam kosmetik dan pangan. Semua sumbernya dari BPOM ya. Langsung saja, check this out:

Bahan berbahaya dalam kosmetik
Bagi cewek, kosmetik itu sesuatu hal yang penting, iya nggak? Kalau menurut aku iya. Btw, dari yang aku tau, kosmetik itu skincare dan make up ya karna pengertian kosmetik sendiri adalah bahan atau sediaan yang digunakan pada bagian luar tubuh manusia atau gigi dan membrane mukosa disekitar mulut. 

kosmetik
source: google


Baca juga: Beauty


Dari seringnya kita membeli kosmetik, ternyata ada oknum-oknum yang menggunakan bahan-bahan berbahaya dalam kosmetik, beberapa diantaranya adalah:

Dithylene Glycol (DEG)
Bahan ini sering disalahgunakan pada kosmetik pasta gigi dan sediaan kumur. Sering juga ditemukan didalam produk kosmetik yang mengandung glycerine dan propylene glycol. Jika kosmetik yang kita pakai mengandung bahan ini maka bisa menyebabkan depresi sistem syaraf pusat, keracunan pada hati dan ginjal karena DEG ini merupakan racun.

Bahan pewarna merah K.3 (CI 15585), merah K.10 (Rhodamin B), dan Jingga K.1 (CI 12075).
Pewarna-pewarna ini merupakan pewarna kertas, tinta, dan tekstil. Nggak kebayang banget pewarna-pewarna ini nemplok diwajah kita -_- Bahan pewarna berbahaya ini sering disalahgunakan pada eye shadow, lipstick, dan perona pipi. Efek samping jika kita menggunakan kosmetik yang mengandung bahan pewarna berbahaya adalah dapat menimbulkan gangguan fungsi hati dan kanker hati.

Asam Retinoat/tretinon/retinoic acid
Asam ini termasuk golongan obat keras sehingga penggunaannya harus dengan resep dokter. Biasanya sering disalahgunakan pada produk skincare peeling. Efek bagi kesehatan jika kita memakai kosmetik mengandung asam ini adalah kulit kering, kulit rasa terbakar, dan terkelupas. Selain itu juga bersifat teratogenik alias mengakibatkan cacat pada janin.

Hidrokinon
Banyak disalahgunakan pada kosmetik sebagai bahan pemutih/pencerah kulit. Bahan ini tidak boleh digunakan pada kulit dan rambut. Jika kosmetik kita mengandung bahan ini, maka dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit menjadi merah, dan rasa terbakar. Dapat juga menimbulkan ochronosis (kulit berwarna kehitaman).

Emang sih nggak langsung terlihat saat pemakain pertama, tapi akan terlihat setelah penggunaan selama enam bulan dan bersifat irreversible (tidak dapat dipulihkan).

bahan kimia
source: google

Merkuri (Hg)
Merkuri adalah logam berat yang berbahaya dan bersifat racun. Sering disalahgunakan pada produk pemutih wajah. Efek jika kosmetik kita menggunakan merkuri adalah dapat menimbulkan reaksi alergi, iritasi kulit, bintik-bintik hitam pada kulit. Selain itu bersifat karsinogenik alias penyebab kanker.

Dan masih banyak lagi bahan-bahan berbahaya lainnya. Untuk kali ini, aku sharing itu dulu, karna ini yang paling umum. Untuk informasi selengkapnya tentang bahan berbahaya bisa dilihat di Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia No.2 Tahun 2014 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor HK.03.23.08.11.07517 tahun 2011.

Tercantum juga di Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor HK.03.1.23.08.11.07517 tahun 2011 Tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetik. Emang kudu hati-hati kita girls untuk memilih produk kosmetik. Cantik itu gampang-gampang susah ya.

Baca juga: Cantik itu…?


Oya, sebenarnya aku pernah sharing tentang ini di twitter aku @muthiiihauraa. Kalian juga bisa cek disana dengan tagar #KamisSharing. Oke deh mungkin segini dulu bahan berbahaya dalam kosmetik. Semoga bermanfaat. Salam sayang, @muthihaura1.
Rabu, 29 Agustus 2018. 20.15 WIB.   

 

Baca Artikel Populer Lainnya

3 komentar:

  1. Terima kasih infonya mbak.. , seneng mampir blog ini.. hihi.. banyak ilmunya.. terima kasih banyak

    BalasHapus
  2. Wahhh aku taunya cuma merkuri doang beb, ya ampun, hrs banyak belajar tentang kosmetik nih, biar ga kecolongan kalau beli kosmetik hehehe

    BalasHapus