Cara Masak Nasi Kuning yang Enak

11.20 Muthi Haura 3 Comments


Di Jawa seringkali diadakan upacara selametan dan kenduri menjelang hari-hari besar. Selametan dan kenduri tersebut selalu menyajikan menu utama nasi tumpeng untuk dijadikan media makan dan rasa syukur bersama atas keselamatan dan ucapan syukur di hari besar tersebut. Selametan dan kenduri tersebut selalu menyajikan menu utama nasi tumpeng untuk dijadikan media makan dan rasa syukur bersama atas keselamatan dan ucapan syukur.

Tumpeng yang seringkali disajikan ini biasanya sajian utamanya berupa nasi kuning yang dirias dengan beberapa sayuran dan lauk pauk. Tumpeng nasi kuning ini begitu enak. Terutama sekali nasi kuningnya yang gurih, empuk, dan terasa enak. 

nasi kuning
source: google



Beginilah cara membuat nasi kuning yang enak. Karena penasaran, saya pun coba bertanya dan mencari resep-resep dan cara membuat nasi kuning yang enak. Dari jawaban dan beberapa sumber di internet, saya ingin membagi cara membuat nasi kuning yang enak ini ke teman-teman. Tentunya agar teman-teman juga bisa membuat dan menikmati nasi kuning buatan sendiri yang enak dan sehat ya.

Namun, sebelum kita masuk ke resep-resep, bahan, dan langkah-langkahnya, saya juga perlu memberi tahu teman-teman nih. Nasi kuning itu sebenarnya merupakan kuliner asli Indonesia loh. Nasi kuning ini hanya dapat dibuat dengan bermacam rempah-rempah yang tentunya merupakan kekayaan utama Indonesia. Karena itu, pada mulanya pula, nasi kuning ini sering dijumpai di berbagai macam upacara adat dan selametan di berbagai daerah di Indonesia.

Mungkin tidak usah panjang lebar lagi, beginilah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat nasi kuning yang enak.
Bahan-bahan yang diperlukan :
-          Beras 1 kg
-          Santan 900 ml
-          Kelapa tua 1 buah
-          Kunyit 5 cm
-          Serai 2 batang
-          daun salam 4 lembar
-          Jahe 5 cm
-          Lengkuas 2 cm
-          Bawang merah 5 buah
-          Daun pandan 2 lembar
-          Garam 4 sendok teh

Langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam membuat nasi kuning:
Cuci hingga bersih beras, kemudian rendam beras dalam air bersih beberapa saat. Haluskan bumbu kunyit, jahe, lengkuas, bawang merah, dan garam. Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian masukkan dalam santan dan aduk hingga rata.

Masak santan hingga mendidih. Buang air rendaman beras untuk kemudian tuang santan ke beras dengan disaring. Masukkan daun salam dan serai. Rebus beras dengan api kecil. Selama direbus aduk terus hingga air menyusut dan beras hampir menjadi nasi. Kalian bisa kira-kira saja tingkat kematangannya dengan selera kalian, terlihat gurih atau pulen.

Ambil daun salam dan serai dari dalam beras yang hampir matang. Siapkan panci untuk mengukus, rebus airnya dulu. Masukkan nasi ke dalam panci pengukus. Tambahkan daun pandan. Kukus nasi hingga benar-benar matang atau istilahnya tanak. Jika ingin membentuk nasi, tunggu dulu hingga dingin. Biarkan nasi dingin dengan memakai suhu ruangan. Untuk membentuknya menjadi tumpeng, kamu bisa membentuknya sendiri atau dengan menggunakan cetakan tumpeng.

Nah, begitulah setidaknya cara membuat nasi kuning yang enak. Jika kamu mau berkreasi lebih banyak, kamu bisa buat bermacam cetakan, seperti bentuk love, bentuk hewan, ataupun cetakan-cetakan lainnya yang lucu dan menarik. Setelah itu, kamu bisa rias dengan bermacam rempah dan sayuran. Selamat mencoba ya kawan!
 


Baca Artikel Populer Lainnya

3 komentar:

  1. wahhh boleh dicoba nih resepnya mbakk..

    BalasHapus
  2. Mbaaaa, saya save yaaa, selalu pengen bisa bikin nasi kuning, mupeng ama nasi kuning yang selalu dijual orang :)

    BalasHapus
  3. dulu rajin masak nasi kuning kalau ada anak yg ultah sekarang sudah jarang

    BalasHapus