Job-job Blogger

07.00 Muthi Haura 2 Comments


Job-job Blogger- Terkadang dalam hidup, kita terlalu sering menilai. Kita terlalu sering menjudge kehidupan orang lain. Terlalu iri dengan apa yang dicapai orang lain, tanpa berbuat apa-apa untuk menggapai apa yang kita impikan. Iya kan? Kalau menurut aku pribadi, iri boleh. Jadikan itu sebagai pembelajaran dan motivasi agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

Lalu jalankanlah target-target untuk menggapai impian kita. Jangan hanya sekedar iri saja. Ingat, Allah nggak akan ngerubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu merubah nasibnya sendiri. Nah, salah satu jalan untuk merubah nasibku a.k.a menggapai impianku adalah dengan menulis di blog. Aku ngeblog sejak awal masuk kuliah, Juli 2013. Kalau bisa dibilang, mungkin sekarang udah enam tahunan lebih.

Cukup lama bukan? Dan selama aku ngeblog, aku ngerasain teramat banyak sekali manfaatnya. Aku ngerasa, aku sampai dititik saat ini, salah satunya karna blog. Aku bisa ngelakuin banyak hal yang aku sukai seperti sekarang ini ya Alhamdulillah alasannya karna blog. Aku pernah nulisin disini tentang perjalanan ngeblogku


job blogger

Dan kini, aku sering banget dapat komen sejenis ‘enak ya nggak kerja tapi tetap punya uang’, ‘enak ya Cuma duduk-duduk dirumah, tapi uangnya banyak’, ‘enak ya dapat kiriman produk gratis’, ‘enak ya Cuma ngepost di ig dapat uang’, dan pernyataan-pernyataan lainnya.

Ya ampun, mereka ngomen gitu karna ngelihat enaknya aja. Mereka nggak tau ‘dalam’nya gimana. Mereka nggak ngelihat prosesnya gimana. Enam tahun loh. Sedikit cerita, awal masuk kuliah, aku nggak punya hape kamera. Cuma hape senter biasa. Jadi poto-poto di blog kadang ngambil di google, kadang malah nggak ada potonya.

Dulu juga ngepost blog itu di warnet, karna dirumah nggak ada wifie. Jadi tiap minggu bakalan ke warnet buat ngepost. Biasanya dua kali seminggu atau lebih disela-sela tugas kuliah dan kerjaan rumah. Posisi warnet dengan rumah itu lumayan jauh. Kalau bisa dibilang, ujung ke ujung.

Aku dulu nggak punya motor, akhirnya kalau mau ke warnet ya jalan kaki. Kadang pulang kuliah, turun dari busway, langsung cuss warnet. Iya gitu. Trus sekarang aku dapetin yang kalian ‘lihat’ itu enak, kayanya wajar. Aku sudah melalui banyak ‘proses’ dan sekarang aku dapetin apa yang aku mau ya wajar.



Kalau kamu mau juga dapetin kaya apa yang aku dapat bahkan lebih, kamu juga harus mau ngelewati prosesmu. Sesuatu itu nggak datang langsung gitu aja. Nggak sim salabim langsung jadi. Intinya, konsistenlah dalam proses. Nah, kadang ada juga yang nanya apa aja sih job-job yang didapatkan oleh seorang blogger, aku akan jabarin sepengetahuanku. Kalau ada kesalahan lebih dan kurang bisa dikoreksi ya.

Pertama, content placement atau biasa disingkat CP. Biasanya, setiap agensi bakal ngeemail para blogger untuk menawarkan CP. Jadi kerja blogger tersebut Cuma memposting artikel yang sudah diberikan oleh pihak agensi dengan link keluar/external link. Biasanya link keluar ada satu atau dua atau lebih tergantung kesepakatan.

Fee untuk CP sendiri juga tergantung kualitas blog tersebut. Semakin tinggi DA PA blog kamu, maka akan semakin tinggi fee yang akan didapat. Untuk nominalnya 50 K keataslah. Oh ya, artikel yang diberikan bisa banget di edit sesuai criteria blog kamu asal tidak melanggar brief yang diberikan oleh pihak agensi.

blog

Kalau kamu mau ngelihat salah contoh job CP-ku, bisa klik disini. Kedua, artikel pesanan yang harus kita tulis sendiri. Tema dari artikel tersebut bisa ditentukan pihak agensi, bisa nentuin sendiri. Di dalam artikel pesanan ini juga diharuskan untuk memberikan link keluar sesuai permintaan agensi. 


Fee jenis job ini tentu saja lebih besar ketimbang CP. Untuk melihat tulisanku saat mengerjakan artikel pesanan ini, bisa klik disini. Yang ketiga, review produk. Yang ini job menurut aku termasuk asik. Kita dikirimin produk oleh sebuah brand dan kita harus ngereview produk tersebut. 


Biasanya kalau blogger yang nichenya beauty, bakal dapat produk yang berbau beauty. Gitu juga dengan blogger kuliner yang dapet makan gratis disebuah restoran dan harus ngereview restoran tersebut. Gitu juga blogger-blogger lain dengan nichenya masing-masing.

Kalau aku sendiri lebih sering dapetin review produk tentang beauty. Selain dapetin produknya, kadang kita juga dapat fee loh. Tapi nggak semua brand kaya gini. Biasanya, ada brand yang ngasih produk + fee, ada juga brand yang Cuma ngasih produk doing atau fee doang. Kalau yang ngasih fee doang, berarti untuk pembelian produk ditanggung pribadi.

Untuk baca tulisan aku terkait review produk, bisa klik disini. Nah, keempat itu, endorse di sosial media. Loh kok bisa, Mut? Iya, jadi blogger itu erat banget dengan sosial media. Baik itu instagram, twitter, facebook, dan sosial media lainnya.



Kayanya jarang seorang blogger yang nggak aktif di sosial media. Job di sosial mediapun bermacam-macam, kadang ada endorse produk, kadang meng-up kan tagar atau sosial media brand. Kadang ada juga mempromosikan sebuah acara. Lumayan banyak juga. Kalau kamu mau lihat beberapa contoh job di sosial mediaku, terutama instagram, cari aja di @muthihaura_blog dan @muthihaura1.    


Kelima, menjadi pembicara. Iya, kalau kamu udah jadi blogger ‘tenar’ atau hits, akan ada yang mengundangmu untuk mengisi acara atau menyampaikan materi seputar dunia blogger. Tentu saja fee yang didapat untuk job ini lumayan besar.

Enak kan? Tapi untuk berproses mendapatkan itu semua tidaklah mudah. Kamu butuh kerja keras. Kamu harus usaha. Kamu harus memulai semuanya dari nol, bahkan harus mengeluarkan uang sendiri terlebih dahulu. Konsisten aja coba dulu, In syaa Allah rezeki nggak akan kemana.

Dan apapun profesimu saat ini, jalanilah dengan versi terbaik menurutmu. Selamat berhari Senin. Salam, @muthihaura_blog.
Senin, 24 September 2018. 10.42 WIB.




Baca Artikel Populer Lainnya

2 komentar:

  1. sempat loh ada temanku nanya enak banget sih dikirimin produk gratis, dikasih uang pulak ajarin ngeblog kataku silahkan nulis tp ga bole copas itu yg utama tulis aja apa yg mau ditulis untuk sampe ke titik dikasih ini dan itu perlu perjuangan eh belum juga belum perjuangan dimulai malah stuck hahaha pdhl aku jg dulu niatnya ga tau malah ngeblog bisa menghasilkan :p

    kadang memang org lain liat pas enaknya y mba pas lg merintisnya dilirik aja ga wkwkwk

    BalasHapus
  2. Ko sama bgt jalan kaki ke. Warnet hhahaha btw mba aku 2012 punya blogbtp blm. Ngerti bakah heboh makanya aku bikin lagi 2014 hehhe follback blog aku dong

    BalasHapus