Tips Menjaga Hati

14.16 Muthi Haura 4 Comments

“Jagalah hati, jangan kau kotori. Jagalah hati lentera hidup ini. Bila hati kian bersih, pikiranpun akan jernih.” Pernah dengar lagu itu nggak? Dulu waktu Aa Gym masih jadi ustadz kondang, lagu ini sering banget beliau bawakan. Lagu inipun sering diputar almarhum aba dirumah. Sampai hapal diluar kepala kayanya dulu.

Ngomongin soal hati nih, bener banget perihal lagu itu. Kita memang harus jaga hati. Isi hati seseorang, tercermin dari kelakuannya loh. Kali ini aku pengen sharing tips menjaga hati. Hati disini dalam ‘artian’ universal ya. Bisa hati perasaan dan hati organ tubuh kita. Oke deh, langsung saja, check this out:


Pertama, agar hati tidak kotor oleh perasaan iri dan dengki, lebih baik perbanyak bersyukur untuk apa yang dipunya. Rumput tetangga emang selalu tampak indah, itu karna tetangga kamu sibuk ngurusin rumputnya, sedangkan kamu Cuma ngelihatin dia tanpa berbuat apa-apa untuk merawat rumputmu.

Nggak ada juga gunanya kamu simpan rasa iri dan dengki itu. Semua itu hanya akan membuatmu tidak akan jadi siapa-siapa. Mending bangkit. Focus pada tujuanmu sendiri. Terus melangkah. Boleh sesekali iri, tapi jadikan keirian itu sebagai pelecut agar kamu jadi lebih baik lagi kedepannya,

Yang kedua, jaga hati dari mencintai orang yang salah. Ini nih yang sering bikin generasi muda galau. Yap, permasalahan cinta. Termasuk juga bagi aku. Gimana yah, kayanya cinta itu nggak bisa deh dipilih kesiapa dia akan jatuh. Nggak bisa dipilih ke orang yang mana kamu akan jatuh cinta.

Mungkin cara menjaganya agar tidak terlampau galau adalah dengan meminimalisir rasa. Jangan terlalu sayang, jangan terlalu benci. Gunakan saja waktumu untuk hal-hal yang bermanfaat. Untuk mengembangkan diri. Percayalah, nanti akan ada seseorang ‘terbaik’ yang akan datang kepadamu. Ingat-ingat itu, Mut!

Yang ketiga a.k.a yang terakhir adalah jaga kesehatan hati. Almarhumah umiku meninggal karna penyakit hati. Ya, liver. Jujur, itu membuatku sangat terpukul. Terlebih lagi sejak meninggalnya almarhum abaku. Juga gara-gara sakit, tapi sakit yang berbeda. Ya, penyakit. Aku nggak menyalahkan siapa-siapa atas semua ini. Tidak juga menyalahkan takdir.

Ya, semuanya memang sudah takdir. Semua yang terjadi adalah yang terbaik. Kedua orang tua memang sudah meninggal, tetapi apa yang mereka ajarkan tak pernah hilang sampai kapanpun. Sekarang, aku lebih prepare untuk jaga kesehatan aku dan adik-adikku.

Aku lagi berusaha untuk jaga kesehatan. Mulai dari makanan yang dijaga, walau masih kadang sering juga beli makanan sembarangan. Olahraga mulai aku biasakan. Ya, belajar untuk hidup sehat. Jaga hati, jaga badan. Untungnya, aku ketemu herbadrink. Aku tau minuman ini dari instagram dan langsug kepengen nyobain. Herbadrink sendiri ada beberapa pilihan rasa, ada sari tamulawak, sari jahe,dan lidah buaya.

Tapi sayangnya, herbadrink agak susah dicari, adanya dibeberapa swalayan besar seperti Giant. Aku nyari ini di Giant dan Alhamdulillah langsung nemu. Kenapa milih sari temulawak? Karna klaimnya sari temulawak ini bisa membantu memelihara kesehatan hati. Kalau ingat hati, jadi ingat umi.

herbadrink temulawak

herbadrink temulawak

Temulawak sendiri berfungsi untuk mengatasi masalah pada sistem pencernaan. Manfaat temulawak yang pertama adalah mengatasi masalah pada sistem pencernaan, mengatasi osteorhritis, dan mencegah serta membantu pengobatan kanker. Ahli medis juga menyebutkan bahwa temulawak juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi sakit maag, diabetes, penyakit infeksi virus dan bakteri.

Sedangkan Herbadrink sari temulawak sendiri adalah minuman herbal yang dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia dan diproses melalui teknologi modern. Herbadrink sendiri berkhasiat untuk membantu memperbaiki nafsu makan. Kebetulan banget nafsu makan aku agak susah, jadi pas banget bagi aku yang pengen berisiin badan.


herbadrink temulawak
herbadrink temulawakKomposisi didalam herbadrink inipun ada ekstrak curcuma xanthorrizha rhizome 2,2 g setara dengan 800 mg rimpang segar temulawak, gula dan bahan lainnya hingga 18 g. Semoga setelah rutin mengkonsumsi herbadrink ini, hati jadi terjaga. Tentu saja juga dibarengi dengan pola hidup sehat. Ayo semangat untuk hidup sehat.

Oke deh, mungkin segini dulu tips menjaga hati ala aku. Semoga bermanfaat. Salam, @muthihaura_blog
Rabu, 17 Oktober 2018. 11.57 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

4 komentar:

  1. Ini minuman favorit aku waktu masih ngekos nih! Rasanya bikin tenggorokan dan perut adem. Memang ga langsung instan sih terasa khasiatnya, but it's worth to drink :)

    Kalau sanggup, coba minum temulawak yang asli. Rasanya pahit, tapi alami lho

    BalasHapus
  2. Loh ternyata bisa meningkatkan nafsu makan juga ya. Cocok nih kayaknya buat aku yang pengen nambah berat badan.

    BalasHapus
  3. Jadi ingat vitamin nafsu makan pasti mengandung temulawak. Cucok buat yang mau berisi ^_^

    BalasHapus
  4. Aku juga suka banget ini mbak, favorit banget

    BalasHapus