Mandi di Sungai Hijau

11.38 Muthi Haura 2 Comments


Pergilah ke banyak tempat. Rasakan banyak pengalaman baru. Temui orang-orang baru dan belajarlah dari semua itu. Kata-kata itu lupa aku pernah baca dimana, yang pasti, apa yang disampaikan benar adanya. Kamu tidak akan bisa belajar banyak hal jika hanya dirumah saja.


Kamu tidak akan bisa merasakan banyak pengalaman jika tak mau bergerak dari zona nyamanmu. Keluarlah dari zona nyaman dan rasakan banyak pembelajaran. Ah, kalimat-kalimat di atas sebenarnya lebih buat aku sendiri. Lebih buat ngingetin diri aku sendiri. Aku yang masih takut untuk ngelakuin banyak hal.


Aku yang masih berdiam di zona nyaman. Ayolah, Mut! Wake up. Dan kini, aku sedang berusaha. Banyak target untuk tahun ini. Semoga saja apa yang aku semogakan dapat terwujud dengan baik. Semoga saja apa yang aku usahakan diijabah oleh Allah. Amin. 


Nah, sekitar dua mingguan yang lalu, aku ke sungai hijau bareng adik-adik di LPM Gagasan. Awalnya Hanif yang nyaranin untuk ke Sungai Hijau. Karna aku udah pernah ke Sungai Hijau sekitar tahun 2012-an lalu, aku kurang ngerespon positif. Dibayangan aku, sungai hijau mah biasa. Nggak akan berubah. Gitu-gitu doang.

Tapi karna diajakin, ya udah aku ikut aja deh. Lumayan buat refreshingkan badan dan pikiran. Pas hari H keberangkatan, aku sempat badmood parah. Pokoknya badmoodlah sama Hanif. Dia bilang: “Udahlah, jangan badmood lagi. Orang kita mau pergi jalan.”




Oya, yang ikut ke sungai hijau ini ada Nafi, Linda, Teguh, Wiwin, Rahma, Payung, Hanif, dan aku. Sedikit banget memang, tapi ya udahlah ya dari pada nggak. Kami berangkat sekitar jam 9-an pagi. Janjian awal jam 7, eh berangkat jam 9. Salah satu alasan yang bikin badmood parah.

suasana sungai hijau
suasana sungai hijau
suasana sungai hijau
suasana sungai hijau

Sungai hijau sendiri terletak di Desa Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Kira-kira sekitar kurang lebih sejaman dari Pekanbaru. Lumayan bisa dijangkau dengan motorlah. Kalau mau ramai-ramai dengan rekan kantor misalnya, bisa dijangkau kok dengan bus pahala kencana. Atau pakai mobil pribadi juga bisa kok. Jalannya aman untuk dilalui kendaraan roda dua ataupun roda empat. Nyampai sungai hijau, aku rada kaget. Ternyata udah banyak pembaharuan. Ya iyalah, Mut! Kamu kesana udah bertahun-tahun yang lalu -_-

Tapi seriusan, nggak kaya sungai hijau yang pernah aku kunjungi dengan keluargaku. Beda banget. Sungai hijaunya sendiri terdiri dari beberapa tingkat. Kalau kami ditingkat atas. Duh susah juga agak mendeskripsikan tentang sungai hijau ini. Pokoknya, sungai dibagian depan atau yang lebih dekat ke jalan raya, sungainya lebih besar dan dalam.

Sedangkan semakin kedalam, atau masuk kea rah kebun dan hutan, lebih dangkal, meski dibeberapa bagian tertentu masih ada yang dalam. Yang paling dalamnya 1,5 meter, sedangkan yang paling dangkalnya 30 sentimeter.

Yang pasti kaya sungai ngalir gitu, tapi ada batasnya. Jangan dipikir kalau airnya hijauh ya. Sama sekali nggak. Airnya bening. Ya kaya sungai biasalah, Cuma ini lebih ditata. Untuk biaya masuk, karna kami naik motor, satu motor itu dihitung 10 K. Mungkin kalau mobil atau bus sekitar 15-25 K kali ya.

Baca juga: TRAVELLING


Obyek wisata Sungai Hijau ini asik dikunjungi bareng keluarga. Bisa mandi-mandi dan berenang sambil menikmati sensasi alam. Tapi jangan datang disaat hari libur banget ya, ramai pastinya haha. Jangan lupa juga bawa bekal. Didaerah Sungai Hijau ini nggak ada yang jual nasi, adanya Cuma jual mie rebus dan gorengan.

Untuk mie rebus harganya masih dikategorikan normal kok. Nggak kemahalan, 8 K. Kalau mau berenang sambil nyewa pelampung juga bisa. Sewa pelampungnya 5 , sewa tikarnya 10 K. Usahakan juga jangan pipis disungainya ya guys, kasian yang lain. Kalau mau pipis, dikamar mandinya aja, tapi memang harus bayar 2 K sih. Nggak apalah ya. 

sungai hijau
basah-basah

sungai hijau

Nyampai di Sungai Hijau, kami ya langsung berenang. Asik juga. Airnya dingin brrt.  Dan kami pulang sekitaran jam 3 sorean dengan badan yang basah kuyup. Senang? Lumayan! Makasih Gagasan, semoga ini bukan trip terakhir bareng kalian. Soalnya sekarang udah banyak yang mau di fokusin. Gagasan bukan prioritas lagi untuk aku saat ini, ada banyak hal lain yang jadi prioritas.

Baca juga: LPM GAGASAN


Bukan berarti aku tidak sayang Gagasan, sama sekali nggak! Tapi tiap masa ada orangnya dan tiap orang ada masanya. Aku ingin focus ke hidup pribadi lagi haha. Oke deh, mungkin segini dulu. Salam sayang, @muthihaura_blog.
Senin, 14 Januari 2018. 10.55 WIB.
 


Baca Artikel Populer Lainnya

2 komentar:

  1. saya kira air sungai nya warna hijau gitu...ternyata bening juga...tak apa2 deh yang penting mandiii heheh

    BalasHapus
  2. yang pentingnya airnya gak bikin gatel ya

    BalasHapus