Memiliki Masalah Kelebihan Berat Badan? Atasi dengan Tips Pintar Ini!

12.47 Muthi Haura 1 Comments


Sehat merupakan hal yang dianggap sangat penting dan membuat setiap orang menjaga kesehatan tubuh mereka dengan berbagai cara. Namun, sering kali masyarakat Indonesia dihantui oleh berbagai masalah kesehatan yang memang sulit untuk dikendalikan atau pun dihindarkan. Salah satu yang paling sering muncul di kalangan masyarakat Indonesia adalah obesitas. Masalah ini merupakan kondisi dimana kita memiliki berat badan yang melebihi standar pada umumnya. Selain itu, obesitas ini lebih sering menyerang orang dewasa yang berusia di atas 30 tahun.

obesita
source: wikihow

Namun, sekarang ini tidak hanya orang dewasa saja, nyatanya anak-anak pun sekarang ini sudah mengalami hal tersebut. Obesitas atau kegemukan  ini dapat membuahkan resiko yang lebih tinggi terkena berbagai penyakit mematikan seperti kanker, jantung dan juga diabetes. Untuk itu, Anda harus menerapkan diet, dimana membantu menurunkan berat badan menjadi ideal. Jika ingin melakukannya, pastikan untuk menerapkan tips pintar ini:



  1. Biji-Bijian
Berdiet bukan berarti Anda tidak boleh makan sama sekali, namun Anda bisa menyaring jenis makanan apa yang dikonsumsi, misalnya mengganti makanan yang mengandung karbohidrat olahan dengan makanan yang lebih sehat, misalnya biji-bijian. Hal ini dikarenakan biji-bijian mampu mempertahankan nutrisi yang hilang ketika proses olahan. Anda bisa mengkonsumsi berbagai biji-bijian, seperti jagung, ragi, bajra, dan lain sebagainya. Biasanya, makanan ini dikonsumsi saat sarapan. Imbangi dengan mengkonsumsi nasi coklat, hitam atau merah juga.


  1. Daging Tak Berlemak
Saat menjalankan diet untuk menurunkan berat badan, Anda tetap bisa memakan daging. Namun bukan daging merah yang dimana memiliki lemak jenuh yang begitu tinggi. Saat berdiet, Anda bisa mengkonsumsi daging yang rendah atau tanpa lemak, misalnya seperti salmon dan ayam. Makanan ini mampu memberikan protein yang berguna untuk menurunkan bobot badan. Namun, jumlah pengkonsumsiannya juga harus Anda kontrol dan perhatikan, karena jika mengkonsumsinya dalam jumlah banyak, maka sama saja akan membuat timbangan naik kembali. Imbangi juga dengan berbagai makanan sehat seperti sayuran.


  1. Sayuran
Jenis makanan yang satu ini memang disebut sebagai makanan sehat sejati, yang dimana harus dikonsumsi oleh seluruh manusia agar mereka memperoleh tubuh yang sehat serta tidak membuatnya terkena berbagai penyakit yang mematikan. Anda yang juga ingin kehilangan berat badan sangat wajib mengkonsumsi sayur. 

sayuran
idn times

Hal ini dikarenakan sayuran mengandung serat larut yang dimana tidak akan larut, kaya akan vitamin, antioksidan dan juga mineral yang sangat baik untuk tubuh. Pilihlah jenis sayuran yang memang Anda sukai sehingga makan pun terasa lebih lezat, seru dan menarik.



  1. Jauhi Lemak
Sering kali masyarakat Indonesia mengalami obesitas karena begitu tertarik dengan berbagai jenis makanan yang memiliki rasa lezat, namun sayangnya mengandung lemak yang cukup tinggi. Misalnya, sekarang ini mereka cenderung menyukai mengkonsumsi fast food, makanan instan, segala makanan yang digoreng, makanan manis, dan lain sebagainya. Makanan-makanan tersebut memiliki lemak trans, yang dimana sangat merugikan tubuh dan mampu membuat berat badan semakin naik. Untuk itu, hindari mengkonsumsi makanan-makanan seperti ini jika sedang berdiet.


Itulah beberapa tips pintar yang harus sekali diterapkan ketika sedang menjalankan diet agar tubuh tidak obesitas, dan bentuk tubuh yang ideal pun bisa lebih cepat Anda dapatkan. Selain membuat tubuh menjadi lebih terlihat menarik dan cantik, menjalankan diet dan menurunkan berat badan juga membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit mematikan, yang dimana lebih sering menyerang mereka yang memiliki berat badan berlebih. Pastinya hidup pun menjadi lebih tenang dan Anda pun akan merasa senang.

Baca Artikel Populer Lainnya

1 komentar:

  1. aku suka semua bahan yang disarankan. tapi sepertinya masih butuh usaha lebih ya untuk menurunkan berat badan hihihi..

    BalasHapus