Mengenal Exfoliation dan Review St.Ives

07.00 Muthi Haura 1 Comments


Hidup itu bukan tentang iri-irian. Bukan tentang aku harus kaya dia. Bukan tentang memuaskan banyak manusia dengan mengorbankan diri sendiri. Bukan tentang dia udah kesana dia udah kesini. Hidup itu tentang kamu. Tentang dirimu sendiri. Tentang bergerak diporosnya sendiri, karna tiap orang ada masanya tiap masa ada orangnya.


Seperti bulan, bintang, dan matahari yang akan ‘terang’ di waktunya masing-masing. Yap, semua orang punya waktunya tersendiri. Tinggal focus ke diri sendiri dan terus lakukan yang terbaik. Ah, kalimat-kalimat itu sebenarnya ‘self reminder’ buat diri aku sendiri.




Aku yang di usia 23 ini masih banyak ngeluhnya. Masih banyak iri dan ngebanding-bandingkan dengan hidup orang lain. Ayo Mut focus. Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil, bukan? Oke, aku bakal kembali semangat! Kali ini aku pengen sharing tentang exfoliation yang aku pelajari dari berbagai sumber, plus juga bakal review tentang St.Ives.


Exfoliatioan adalah pengelupasan untuk mengangkat sel-sel mati dikulit. Kulit kita itu terdiri dari sel-sel dan bisa regenerasi sendiri. Regenerasi kulit terjadi setiap 28 hari. Jadi setiap 28 hari, kulit kita akan melakukan regenerasi, tapi seiring berjalannya waktu, regenerasi melambat dan pelepasan kulit mati tidak sempurna. Disinilah dibutuhkan exfoliation.

Exfoliation sendiri terbagi dua, yakni fhisical exfoliation dan chemical exfoliation. Fhisical exfoliation sendiri pelepasan sel kulit mati menggunakan alat. Alatnya bisa scrub atau cleansing brush. Salah satu contoh fhisical exfoliation adalah St.Fresh Skin Apricot Scrub. Aku punya ini yang travel size. 

st ives




Nyoba ini udah sebulanan lebih. Iya sih telat nyobanya, tapi dari pada nggak sama sekali kan? St.Ives Fresh Skin ini dikemas dalam tube plastic dengan tutup flip plop. Isinya 28 gram, tapi cukup tahan kok. Packakingnya didominasi denga warna hijau dan oren, bikin seger ngelihatnya.

St.Ives fresh skin apricot scrub ini dibuat dari 100% bahan alami dan berasal dari Amerika. Klaimnya sih bisa membuat kulit lebih halus, lembut, dan glowing. Setelah aku nyobain, aku emang ngerasa kulit lebih halus dan lembut sih, untuk glowingnya di aku kurang dapat.
 

tekstur st ives
tekstur st ives
 

Oya, scrub apricot ini memiliki formula deep cleansing dengan 100 % bubut kulit kenari alami. Butiran scrubnya cukup halus. Wanginya segar, kaya aroma mobil menurut aku haha. St.Ives apricot scrub ini juga mengandung vitamin C dan E. Di klaim juga paraben free, dermatologist tested, dan oil free.

bagian belakang st ives
bagian belakang st ives


Ingredientsnya sendiri terdiri dari water (aqua), jugians regia (walnut) shell powder, glyceryl stearate se, glycerin, cetearyl alcohol, zea mays (corn) kernel meal, cetyl alcohol, sodium lauryl sulfoateate, cocomidopropyl betaine, glyceril stearate, peg-100 stearate, cetyl acetate, benzyl alcohol, ceteareth-20, acetylated lanolin alcohol, carbomer, polysorbate 60, triethanolamine, fragrance (parfum), disodium edta, benzic acid, prunus armeniaca (apricot) fruit extract, titanium dioxide (CI 77891).

Teryata mengandung SLS ya. Entar deh kapan-kapan aku sharing tentang SLS, tapi aku belajar banyak-banyak dulu hehe. Sedangkan chemical exfoliation adalah exfoliatasi menggunakan bahan/zat kimia. Biasanya AHA, BHA, dan PHA.

AHA atau Alpha Hydroxy Acid biasanya ditemukan di buah-buahan atau tumbuh-tumbuhan. Produk yang mengandung AHA lebih ditargetkan untuk kulit kering. AHA sendiri bermacam-macam, yakni: glycolid acid, lactid acid, malid acid, mandelic acid, citric acid, tartaric acid.

BHA (Beta Hyroxy Acid), lebih ditargetkan untuk jenis kulit berminyak. BHA bermacam-macam juga, salah satunya ada salcylid acid yang biasanya untuk membersihkan pori-pori. BHA itu oil soluble yang berarti dapar larut dalam minyak, makanya dapat menembus kulit yang tersumbat minyak.

Sedangkan PHA atau Poly Hydrocy Acid lebih aman digunakan untuk kulit sensitive. Oya, kalau memakai produk berexfolitasi, kamu bisa mengalami purging. Untuk tau penjelasan detail tentang purging, bisa baca di purging vs brake out ya.

Exfolitasi sendiri, bisa dilakukan harian/mingguan. Kalau yang harian pakai yang mild. Oke deh mungkin segini dulu pembahasan tentang exfoliation dan review singkat St.Ives. semoga bermanfaat ya. Koreksi jika ada kesalahan. Salam sayang, @muthihauara_blog.
Selasa, 5 Maret 2019. 22.12 WIB.


Baca Artikel Populer Lainnya

1 komentar: