3 Inspirasi Resep Buka Puasa Menggunakan Skippy

23.22 muthihaura 0 Comments


3 Inspirasi Resep Buka Puasa Menggunakan Skippy- Menjadi perempuan di era milenial ini gampang-gampang susah. Ngelakuin A, di cap salah. Nggak ngelakuin A salah juga. Kayanya serba salah. Mau begini, disalahin. Begitu juga disalahin. Menjadi perempuan itu memang ‘agak-agak’ ya.

Trus apa aku menyesal ‘dilahirkan’ sebagai perempuan. Dulu, jujur aku sempat berpikir bahwa jadi laki-laki itu enak ketimbang perempuan. Trus aku jadi kepikiran pengen jadi laki-laki. Ya, itu dulu. Kalau sekarang Alhamdulillah nggak lagi. Waktu dan pengalaman hidup mendewasakan diri sehingga tidak lagi mempermasalahkan sesuatu yang memang sudah takdir dan ketetapan-Nya.


Menjadi perempuan menurut aku harus bisa hal-hal basic seperti memasak. Itu menurutku, karna ga semua perempuan akan sependapat denganku. Ada yang beranggapan bahwa perempuan tak harus pandai masak, ya itu sih tergantung didirinya masing-masing. Tidak ada pilihan yang salah, karna apapun pilihannya, pasti sudah hasil dari pemikiran yang matang, bukan?

Terkait masak memasak, akupun masih banyak dan kudu harus terus belajar. Salah satu hal yang membantuku dalam proses belajar memasak adalah mencari resep di internet dan kemudian mencatatnya. Nah, kali ini, aku pengen sharing 3 inspirasi resep buka puasa menggunakan skippy. Yap, di tiga resep ini akan ada skippy.

Skippy sendiri merek selai kacang yang di produksi di AS. Dijual pertama kali pada tahun 1932. Skippy saat ini diproduksi oleh Hormel Foods yang membeli merek dari unilever pada 2013. Ini adalah merek selai kacang terlaris di Cina dan nomor dua setelah merek J.M.Smucker CompanyJif (Wikipedia).

skippy berbagai rasa
source: dapur ngebut

Resep ini aku catat dari cookpad. Oke deh langsung aja ya ke 3 inspirasi resep buka puasa menggunakan skippynya. Check this out:

Ketoprak Bumbu Kacang Skippy
Resep ini aku dapat dari cookpadnya Hanum Hadzami. Tergiur dengan resep ketoprak yang dipakai skippy. Untuk bahannya itu:
Bahan bumbu:
2 genggam kacang tanah sangrai (giling halus)
Selai skippy kacang
Secukupnya air matang
Seujung sdt bawang putih bubuk
Sejemput garam
Sejumput gula merah bubuk
Sejumput garam
Jeruk limo (optional)
1 buah cabe rawit merah (sesuai selera)
Kecap manis (sesuaikan)

Bahan isi ketoprak:
1 bungkus bihun (rendam di air panas mendidih. Tiriskan)
1 buah ketupat instant (rebus 60 menit dengan daun pandan simpul)
Telor ceplok
Toge (siram dengan air panas)
Tahu
Kerupuk
Bawang goreng

Cara memasak:
Sediakan piring. Ambil 1 sdt kacang tanah giling. Tambahkan 2 sdm selai skippy. Ulek dengan ulekan atau sendok. Tambahkan air secukupnya. Ulek rata. Masukkan sisa bumbu. Tata bahan isi di atas bumbu kacang. Beri bawang goreng dan kerupuk.

Wah gampang ya cara bikinnya, Trimakasih mbak Hanum. Btw, jangan lupa follow ig dan cookpadnya mbak Hanum ya. Lanjut ke resep berikutnya:

Skippy Salad
Bahan:
1 buah apel sedang
1 buah ketimun
5 buah tomat cherry
1 buah bawang bombay kecil

Bahan dressing:
1 sachet saus cabe
1 sachet saus tomat
1 kotak kaldu bubuk
2 sdm selai skippy kacang
Secukupnya garam dan gula
Secukupnya air hangat

Cara Memasak:
Potong-potong bahan salad sesuai selera. Tata dalam mangkuk. Campur semua bahan dressing. Haluskan kaldu blog, test rasa. Kalau suka asam, tambah saus tomat. Kalau suka pedas, tambah saus cabenya. Tuang dressing keatas bahan salad. dinginkan. Aduk selagi mau disantap.

Resep Skippy Salad ini aku dapat dari cookpad juga. Ditulis oleh Ambar Hp. Trimakasih resep simple tapi menggiurkannya ya, mbak. Izin catat di blog. Lanjut keresep yang ketiga:

Bolu Skippy
Bahan-bahan:
 3 butir kuning telur
2 butir putih telur
½ sdt emulsifier (SP)
75 gr gula pasir
90 gr terigu pro sedang
6 gr maizena
60 gr butter/margarin (1:1)
60 gr selai skippy kacang

Cara Memasak:
Cairkan butter, margarin, dan skippy. Aduk rata. Sisihkan.
Panaskan oven pada suhu 180 api atas bawah
Kocok telur, gula, emulsifier dengan speed tinggi sampai mengembang dan kental (kira-kira 10 menit). Kecilkan speednya, lalu masukan tepung terigu dan tepung meizena. Kocok sampai rata kurang lebih 4 menit. Matikan mixer.
Masukan butter yang sudah dicairkan. Aduk balik menggunakan spatula. Tuangkan kedalam loyang yang sudah di oles margarin dan ditaburi tepung.
Panggang sampai matang. Angkat. Keluarkan dari loyang dan biarkan dingin.

Gimana? Kelihatannya gampang yah? Resep ini dari Henny  Dasianto yang punya akun ig @henny_henzz. Silahkan di follow akun ig dan cookpadnya. Btw, makasih resepnya mbak Henny. Kenapa aku milih tiga resep ini?
Pertama, karna bahan-bahannya gampang dicari. Kedua, gampang dibuat pastinya. Dan yang ketiga, cocok dijadikan inspirasi untuk menu berbuka puasa. Trimakasih mbak-mbak cantik atas resepnya, tunggu recook dari aku ya.

Oke deh, mungkin segini dulu 3 inspirasi resep buka puasa dengan skippy nya. Semoga bermanfaat ya. Semangat puasa! Salam sayang, @muthihaura_blog.
Rabu, 8 Mei 2019. 23.07 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

0 komentar: