Basic Skincare untuk Pemula

10.24 muthihaura 2 Comments


Basic Skincare untuk Pemula- Setiap perempuan pasti ingin cantik, bullshit kalau ada yang bilang nggak. Bullshit kalau ada yang bilang bahwa kecantikan fisik itu nomor sekian sekian sekian. Bullshit! Nyatanya, dunia tak seadil itu. Dunia justru memproklamirkan lewat media bahwa cantik itu putih, langsing, bibir tipis, dan bla bla bla.

Baca Juga: CANTIK ITU...?

Nyatanya juga, perempuan yang terlahir cantik kelihatan lebih ‘beruntung’ dihidupnya. Entah itu dalam karir, lingkungan pertemanan dan lain sebagainya. Iya kan? Coba deh akui dengan jujur. Bohong kalau kamu bilang nggak.

Banyak juga kemudian hadir influencer-influencer yang menyuarakan tentang ‘self love’ untuk perempuan-perempuan yang insecure terhadap dirinya sendiri. Aku setuju dengan konsep self love. Ya, belajar mencintai diri sendiri. Belajar menerima diri sendiri. Menerima disini maksudnya bukan berarti kamu pasrah ya.


Misal kamu punya kulit kusam, kamu katakan bahwa kamu self love dan mencintai dirimu dan kamu ogah-ogahan untuk merawatnya. No! Itu bukan self love. Itu lebih ke membenarkan kemalasan kamu untuk merawat diri dengan embel-embel ‘cinta terhadap diri sendiri dan menerima diri sendiri apa adanya’.

Aku pribadi bukan terlahir sebagai perempuan cantik. Kadang kala, aku juga sering insecure dengan diri aku sendiri. Kenapa aku nggak gini nggak gitu bla bla bla. Hingga kemudian aku tersadar dan mulai mencintai diriku sendiri. Aku  mulai belajar ngerawat diri, termasuk dengan pakai skincare. Aku mulai baca-baca hal-hal terkait skincare. Aku tontonin video-video yang berhubungan dengan skincare.

Aku juga catatin hal-hal yang menurut aku penting untuk diketahui tentang dunia perskincarean. Iya sampai segitunya aku belajar dan mulai mencintai dunia skincare. Terlambat memang, mengingat umurku yang sekarang sudah 24 tahun dan aku baru betul-betul mengenal skincare kurang lebih setahunan belakangan ini.

Baca Juga: HELLO 24

Kali ini, aku ingin sharing dari apa yang aku pelajari terkait basic skincare bagi pemula. Dulu aku beranggapan bahwa skincare yang paling paling teramat penting itu adalah serum. Kenapa? Karna kinerja ingredients serum itu dari dalam. Meresap didalam kulit. Memperbaiki jaringan didalam kulit. Tapi kemudian aku tersadar bahwa hal yang terpenting dari skincare itu adalah basicnya.

Apa guna serum jutaan rupiah tapi tahap pembersihan wajahnya nggak bersih? Ibarat nemplokin cairan ajaib tapi kehalang masuk oleh kotoran karna cleansingnya nggak tuntas. Apa guna serum menguras isi kantong tapi nggak pakai sunscreen? Iya kan?

Hingga kemudian aku menyimpulkan bahwa basic skincare itu teramat penting. Jadi, tahapan basic skincare itu bisa disingkat dengan CTMP. Penasaran apa itu CTMP? Oke deh, check this out:

paket ms.glow acne
Ini rangkain produk yang sudah termasuk basic. Hanya minus sunscreen


C itu Cleansing
Yap, tahapan basic yang harus diketahui bagi pemula adalah cleansing. Cleansing atau pembersihan itu bisa dilakukan pagi dan malam hari. Untuk pagi, ada penelitian yang mengatakan bahwa cukup menggunakan air saja, tidak perlu facial wash dan sejenisnya. Tapi kalau aku pribadi, tetap menggunakan facial wash. Kalau malam, wajib double cleansing.

Walaupun Cuma dirumah seharian. Walaupun nggak pakai make up, tetap harus double cleansing. Apaan tuh double cleansing, Mut? Seperti namanya, double cleansing itu tahapan pembersihan dalam dua langkah. Langkah pertama atau first cleanser  biasanya menggunakan produk yang berbahan dasar minyak (oil based), bisa itu milk cleanser, oil, dan blam cleanser.


viva milk cleanser
Salah satu produk yang bisa dijadikan first cleanser

Sedangkan second cleanser adalah pembersihan wajah menggunakan produk yang water based seperti facial wash. Oya, jangan cari facial wash yang bikin wajah ketarik dan sakit, karna kemungkinan facial wash tersebut mengandung SLS.

Untuk cleanser, sesuaikan dengan jenis kulitnya. Kalau kuring kering, sebaiknya menghindari yang foam. Apa micellar water termasuk dalam firs cleanser? Ada yang pro dan kontra terkait ini, kalau aku pribadi, micellar water nggak termasuk dalam double cleansing. Ngelihat fungsi dari micellar water yang tujuannya lebih buat meghapus make up, bukan buat ngangkat debu atau kotoran yang menempel dikulit. Itu yang aku percayai sih. Kalau kamu punya pilihan lain, ya nggak papa;))

Setelah melakukan double cleansing, ada baiknya, jangan menggeringkan wajah hingga benar-benar kering. Sebaiknya setengah kering aja. Jangan juga menggosok wajah dengan handuk, lebih gantle kalau kamu tepuk-tepuk lembut wajah dengan tissue. Bisa handuk, tapi ditepuk lembut, bukan digosok.

T itu Toning
Tahapan basic kedua yang harus diketahui pemula adalah toner. Toner sendiri terbagi dua, ada acid toner dan hydrating toner. Acid toner berfungsi sebagai exfoliasi yang bisa mengangkat sel kulit mati. Sifatnya mengeringkan kulit karna mengandung exfoliating agent seperti AHA, BHA, dan PHA.

Sedangkan hydrating toner berfungsi untuk mengembalikan kelembapan kulit. Untuk pemula, di basicnya, pakai aja dulu hydrating toner. Nanti kalau udah mantap di basic, bisa tambahin acid toner. Harus beli skincare yang mahal, Mut? Nggak harus kok. Tapi tergantung jenis kulitmu.

Kenali kebutuhan kulitmu terlebih dahulu, maka kamu baru bisa menentukan mana yang cocok atau nggak buatmu. Pakai skincare drugstore juga nggak masalah kok. Intinya sih konsisten aja dengan basic.

M itu Moisturizing
Banyak pemilik kulit berminyak yang takut pakai pelembab, padahal sebenarnya, pelembab teramat penting bagi semua jenis kulit. Moisturizer atau pelembab berfungsi untuk mengunci kelembapan dari skincare-skincare sebelumnya. Jadi, dimalam hari, pelembab itu dipakai terakhir, kecuali kalau kamu mau makai sleeping mask ya.

Aku dulu pernah salah. Aku pakai pelembab dulu baru sheet mask. Kebalik emang wkwk. Padahal konsep skincare kan dari paling cair ke minyak. Alhamdulillah sekarang mulai tercerahkan. Biasanya, kulit kering bagusnya menggunakan pelembab yang creamy.

Pelembab yang creamy mengandung ingredients yang rich. Ingredients rich ini bermanfaat untuk menutrisi kulit, karna kulit yang kering itu sebenarnya adalah kulit yang kurang nutrisi.

P itu Protecting
Yap, sunscreen untuk melindungi kulit itu penting! Sunscreen dapat menjaga kulit dari pengaruh buruk sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit belang, dark spot, penuaan dini, dan kanker kulit. Produk anti aging terbaik itu bukan serum, eye cream, dan lain-lain, tapi SUNSCREEN.

Dimanapun berada. Didalam ruangan ataupun diluar ruangan dalam cuaca apapun. Sunscreen tetap wajib dipakai. Cara pengaplikasiannya 2 setengah jari. Iya, sebanyak itu memang. Aplikasikan juga setiap dua jam sekali.

Tapi agak terlalu ribet di aku kalau setiap dua jam sekali, jadi aku aplikasikan pagi, trus habis sholat dzuhur, habis sholat ashar, dan habis mandi sore. Sunscreen ini juga yang paling aku malas makainya, soalnya terlalu sering reapply. Dan sekarang aku lagi berusaha nekanin ke diri sendiri bahwa, sunscreen wajib. Reapply juga wajib. Harus kudu konsisten, Mut!

Ingat, skincare itu investasi untuk jangka panjang. Jadi kalau sekarang belum kerasa hasilnya, ya sabar. Terus aja nikmati prosesnya. Toh aku emang suka kan. Oke deh, mungkin segini dulu basic skincare bagi pemula ala aku. Semoga bermanfaat ya.
Salam, @muthihaura_blog.
Jum’at, 12 Juli 2019. 17.35 WIB.



Baca Artikel Populer Lainnya

2 komentar:

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak resky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

    BalasHapus