Cara Mudah Menyimpan Data Smartphone

23.24 muthihaura 4 Comments


Cara Mudah Menyimpan Data  Smartphone- Haii, Assalamua’laikum. Bagaimana kabarnya dan sedang ngelakuin apa? Sudah lama rasanya nggak menulis di blog ini. Aku nggak konsisten untuk posting empat kali seminggu huhu.

Tapi aku akan berusaha setiap minggu minimal ada satu postingan huhu. Asap di Riau semakin tebal. Agak sesak nafas aku ngelihatnya. Badan kerasa pegal-pegal. Ya Allah, turunkan hujan untuk kami. Untuk saudara kami di Jambi dan Kalimantan juga.

Nggak enak rasanya tiap hari ngirup asap. Dan ini entah tahun keberapa :’) Semoga segera teratasi. Amin! Btw, ngomongin tentang asap, asap yang paling parah di kotaku Riau itu pas tahun 2015. Itu udara sampai menguning. Ngeri deh pokoknya. Aku dulu punya potonya, tapi sayang, smartphone aku yang lama udah hilang.


Iyap, kecurian pas aku lagi ke pasar. Nyesek banget semua file pentingnya hilang. Semua poto-poto momen hilang huhu. Padahal kerjaan aku banyak lewat smartphone, otomatis smartphone beserta data-datanya memiliki peranan penting bagi aku.

Ingat banget waktu itu aku lagi ikutan sebuah campaign, tapi dihari itu juga smartphonenya hilang. Salah aku juga sih yang nggak langsung mindahin semua file ke laptop atau gdrive. Soalnya entah kenapa malas aja. Ribet gitu.

Apalagi kalau ke laptop. Harus pakai usd-nya lah. Pokoknya ribet dah. Makanya aku lebih sering dulu itu numpuk file penting. Alhasil smartphone jadi lemot karna kebanyakan data. Kalau memorinya udah mulai sedikit, ketimbang mindahin datanya ke laptop, aku lebih milih untuk ngapus data-data yang menurut aku udah nggak dibutuhin lagi. Padahal sebenarnya ngapusnya itu sedih banget. Antara bimbang pengen ngapus, trus sedih karna #DibuangSayang.

Padahal kan seharusnya data itu aku simpan untuk arsip, ya kan? Lagian mana tau juga, one day data itu bakal berguna lagi. Begitulah aku dulu huhu. Pernah juga aku ngalamin kejadian nggak ngenakin. Jadi ceritanya, aku sama adik di organisasi si Payung pergi makan di Marugame Udon.

Aku niatkan sekalian buat postingan blog tengan Marugame Udonnya. Disana, Payung yang motoin aku pakai kamera smartphonenya. Tau apa yang terjadi setelah itu? Yap, itu photo ke delete saat Payung mau ngirimin ke aku! Sedih banget.

Alhasil postingan Marugame Udonnya tanpa poto haha. Trus juga dulu, aku nyimpan file skripsi di smartphone. Mudah dan anti ribet soalnya. Jadi memang smartphone aku keseringan loading lama, trus hang, pokoknya jadi nggak asik deh. 

smartphone loading
smartphone loading. source: vectorstock

Trus aku searching deh cara mudah menyimpan data smartphone. Searching searching searching hingga aku menemukan solusi anti ribet menyimpan data dengan USB OTG (On The Go). USB OTG ini adalah mobil drive yang bisa dipakai untuk backup data olah file dengan cepat dan mudah.

Caranya pun gampang dan anti-anti ribet club. Cukup tancepin USB OTG-nya trus pindahin deh datang. Eject, kemudian done! Iya semudah itu. Alhamdulillah ya ada USB OTG di zaman now ini. Memanglah ya, semakin berkembangnya zaman, semakin memudahkan manusia juga, iya kan?

Dulu sebelum adanya USB OTG, ada juga namanya kabel UTG. Fungsinya sama juga, untuk menyimpan data smartphone. Tapi ya itu, ribet makainya. Makanya sekarang udah pada banyak yang beralig ke USB OTG yang bisa dual fungsi sekaligus tanpa kabel. Iya, kamu bisa nancepin ini USB OTG di komputer juga smartphone, asik bukan?

Aku pengen banget nih punya kabel USB OTG. Kayanya bakal ngebantu banget nih semua kerjaan aku. Kudu nabung dulu kayanya. Selain nabung, yang harus dierhatikan sebelum memutuskan membeli USB OTG adalah: Pertama, kapasitas USB OTG yang ingin dibeli. Tentukan berapa giga byte yang kamu butuhkan.

Kedua, USB OTGnya harus kokoh saat dipegang. Yaiyalah, kalau sekali dipegang rapuh ya kan nggak asik juga. Masa baru beli harus kudu ganti beli baru lagi. Mubazir uang kan? Nah yang ketiga, usahakan beli USB OTG yang bergaransi. Minimal garansi setahun lah.

Soalnya kan kita nggak tau apa yang terjadi saat pemakain, makanya butuh yang namanya garansi. Jadi nggak Cuma beli smartphone yang butuh garansi, beli USB OTG pun butuh garansi.

Dan yang keempat a.k.a yang terakhir adalah, pilih USB OTG yang kualitasnya bagus. Setidaknya banyak direkomendasikan oleh masyarakat. Kalau direkomendasikan, otomatis itu bagus bukan? Salah, satu yang banyak direkomendasikan ke aku itu adalah USB OTG dari merek SanDisk.

USB OTG SanDisk
USB OTG SanDisk. source: Tokopedia


Kenapa SanDisk, Mut? USB OTG SanDisk memiliki kecepatan tinggi. Kecepatannya hingga 150MB/s1. Waw kan? Jadi cepet banget untuk transfer data apapun, entah itu video, lagu, poto, dan file lainnya. USB OTG SanDisk juga memiliki bentuk yang nyaman dan praktis untuk digenggam.

Enak kan kalau sesuatu yang mudah digenggam itu. Begitu sih menurut aku. Selain itu, USB OTG SanDisk juga memiliki konektor dual type. Konektornya simple, tinggal slide kana kiri. Tinggal dicolokin ke PC dan smartphonenya masing-masing.

Alasan lainnya kenapa aku ingin punya USB OTG SanDisk ini karna punya aplikasinya sendiri yang bisa di download di Google Play. Asik kan? Kalau kamu sendiri, bagaimana cara kamu menyimpan data smartphone? Apa pakai USB OTG dari #SanDiskAPAC juga? Share pengalaman dong ;)

Oya, USB OTG SanDisk ini dapat dibeli di shopee loh, tentu saja di official resmi SanDisk-nya. Oke deh mungkin segini dulu. Semoga bermanfaat ya cara mudah menyimpan data smartphone ala akunya. Salam sayang, @muthihaura1.
Minggu, 22 September 2019. 20.50 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

4 komentar:

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak resky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Terbiasa untuk backup data smartphone dg USB OTG SanDisk type 3.0 mbak
    Insyaallah data smartphone akan tetap aman heheee

    BalasHapus