Sudah Mulai Jenuh di Kantor? Berikut Tips Ampuh Mengatasinya

19.21 muthihaura 1 Comments


Mulai dari bangun pagi dan bekerja selama 8 jam setiap harinya mungkin sebuah rutinitas yang harus dilalui oleh para pekerja kantoran. Kegiatan yang dilakukan secara terus menerus tak jarang justru membuat siapapun yang menjalaninya merasa jenuh. Meskipun mendapatkan gaji setiap bulan, terkadang sering kali kita merasa kehilangan motivasi untuk bekerja.

Namun, sedikitnya waktu yang dimiliki untuk melawan rasa jenuh tersebut justru membuat produktivitas kita dalam bekerja pun turut menurun dari waktu ke waktu, yang seharusnya tidak boleh terjadi sama sekali. Kejenuhan yang dipendam untuk waktu yang lama tidak menutup kemungkinan akan mempengaruhi kinerja kita dalam bekerja, bahkan bisa saja membuat suasan kantor menjadi tidak kondusif lagi. 
 

Nah, agar tidak terjadinya hal tersebut, kita perlu mencari cara atau solusi guna menghindari rasa jenuh tersebut. Lalu, bagaimana sih caranya? Bagi yang saat ini tengah mengalami rasa jenuh di kantor, yuk ikuti saja beberapa langkah berikut ini mengenai tips mengatasi rasa jenuh di kantor. Semoga bermanfaat!

anime jenuh
source: google


Tips Mengatasi Rasa Jenuh di Kantor


1. Mencari Kegiatan di Luar Kantor
Meskipun anda diharuskan untuk datang ke kantor dari pagi hingga sore dan melakukan pekerjaan yang sama setiap harinya, sepertinya anda masih memiliki waktu yang cukup untuk mencari kegiatan dan bersosialisasi dengan lingkungan di luar kantor. Cobalah untuk mencari aktivitas di luar pekerjaan.

Sebagai contoh, anda bisa mulai bergabung ke komunitas yang sesuai dengan hobi anda ataupun nongkrong bersama teman lama di sebuah café setelah jam kerja. Selain itu anda juga bisa datang ke event yang memberikan anda kesempatan untuk bertermu dengan aneka ragam orang-orang baru.

Bertemu dengan orang-orang baru akan membantu anda dalam menemukan hal-hal yang baru pula. Bahkan, tak jarang orang-orang yang baru saja kita temui ini justru dapat memberikan kita perspektif baru yang mampu menyegarkan pikiran sekaligus menghilangkan rasa jenuh selama bekerja di kantor.

2. Manfaatkan Jatah Cuti dan Pergi Berlibur
Ketika bekerja di sebuah perusahaan, biasanya anda akan mendapatkan jatah cuti yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, salah satunya seperti pergi berlibur. Perlu diketahui bahwa jatah cuti yang diberikan oleh sebuah perusahaan biasanya memiliki masa tenggang atau kadaluarsa di waktu tertentu. Maka dari itu, apabila jatah cuti tersebut tidak segera dimanfaatkan, tentu akan sangat disayangkan.

anime liburan
mari liburan. source: google

Bekerja secara terus-menerus tanpa henti pasti akan memberikan rasa jenuh. Nah, agar tidak semakin jenuh, manfaatkanlah jatah cuti anda untuk pergi berlibur. Mulai rencanakanlah perjalanan singkat anda, bisa itu di dalam kota, di luar kota, atau bahkan ke luar negeri sekalipun. Pergilah ke tempat-tempat wisata yang anda sukai untuk menyegarkan pikiran.

3. Merubah Lingkungan Kerja
Rasa jenuh di kantor sering kali datang dari hal-hal yang bersifat sama atau monoton. Cobalah menyegarkan pikiran dengan merubah lingkungan kerja menjadi lebih baru. Sebagai contoh, anda bisa membeli barang-barang lucu untuk menghiasi meja kerja ataupun peralatan kantor baru. Selain itu anda juga bisa berdiskusi dengan rekan kerja untuk merubah beberapa posisi peralatan kerja, seperti posisi meja, kursi atau papan tulis.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki rutinitas yang sama secara terus-menerus akan membuat siapapun menjadi jenuh. Meskipun begitu, bukan berarti rasa jenuh tersebut tidak bisa diatasi. Banyak sekali hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa jenuh di kantor. Bahkan berganti pekerjaan pun juga bisa menjadi obat dalam mengatasi rasa jenuh tersebut lho. Nah, apabila anda masih mencari solusi yang paling tepat untuk mengatasi rasa jenuh di kantor, banyak sekali hal-hal yang bisa anda lakukan. Baca saja informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/6-solusi-melawan-rasa-jenuh-pekerjaan-di-kantor/

Baca Artikel Populer Lainnya

1 komentar:

  1. Aih nomor 3 cool banget mba. Gak kepikiran. Sederhana tapi mantap hasilnya

    BalasHapus