Suplemen Makanan yang Tepat

14.26 muthihaura 18 Comments



Akhir-akhir ini Ara merasakan kondisi tubuhnya melemah dan tidak bisa produktif seperti biasanya, ditambah lagi ia juga sering sekali meninggalkan waktu makan. Kesibukannya dikampus sebagai mahasiswa yang tengah mencoba merintis bisnis plus tugas organisasi yang seabrek membuatnya lupa untuk makan.Padahal makanan adalah hal penting untuk tubuh dan tentu saja dibantu juga oleh suplemen.

Ara mengaduh pelan, lalu kemudian kembali merebahkan tubuhnya ketempat tidur.Naila teman sekos Ara menatapnya dengan iba.“Tuh kan, udah gue bilang jauh-jauh hari kalau kesehatan itu dijaga.Kalau udah gini gimana?Semuanya jadi nggak terkendali.”

Wajah pucat Ara memandangi Naila.Sinar mata gadis itu yang biasanya bercahaya, kini meredup.“Liat! Sekarang lo bisa apa? Nggak bisa apa-apa kan? Entar kalau bonyok lo nelpon dari kampung, gue bakal jawab apa? Udah berkali-kali gue bilang, kesehatan dijaga.”Naila yang duduk disamping tempat tidur Ara, masih asik mengomel dengan nada khawatir.

       “Please La, gue lemes banget. Butuh istirahat.Tinggalin gue ya.”Ara meminta pengertian.Naila mendengus, lalu kemudian akhirnya mengalah juga.Gadis itu berlalu keluar kamar meninggalkan Ara sendiri.
*@@*
Naila duduk terdiam didepan layar computer.Pikiran gadis itu tertuju pada Ara. Walau bagaimana pun bagi Naila, Ara tetap sahabatnya dan ia tak ingin terjadi apa pun dengan Ara. Naila mulai asik berselancar didunia maya dan membuka-buka situs yang berhubungan dengan makanan, kesehatan, dan suplemen.

Apa itu suplemen?
Food suplemen atau dietary suplemen adalah produk kesehatan yang mengandung satu atau lebih zat yang bersifat nutrisi atau obat yang dikemas dalam bentuk kapsul lunak, kapsul tablet, bubuk atau cairan yang berfungsi sebagai pelengkap kekurangan zat gizi dalam tubuh. (Karyadi, 1998)

Kandungan suplemen?
Vitamin, mineral, enzim, asam amino, hormone, herba, antioksidan, dan prebiotic.

Naila manggut-manggu membaca penjelasan tentang suplemen itu, lalu kemudian gadis itu kembali asik berselancar.

Suplemen kesehatan bukan sebagai pengganti makanan utama, tetapi untuk mencukupi kebutuhan gizi yang tidak didapatkan dari makanan sehari-hari.Menurut Kristie Lancaster, PH.D., seorang professor gizi di New York University, tubuh anda membutuhkan sederet jenis vitamin dan mineral agar fungsi tubuh berjalan dengan baik.Jika pola makan sehari-hari anda masih kurang baik dan kekurangan vitamin, maka anda bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen.Suplemen yang tepat dapat menjaga detak jantung anda, meningkatkan system kekebalan tubuh anda, dan bahkan membantu kehidupan seks anda.

tips memilih suplemen kesehatan?
·         Pilih produk yang telah di chelate-kan, yaitu produk yang telah di proses dengan pengikatan molekul sehingga penyerapan didalam usus menjadi lebih sempurna. Dengan proses ini dapat dipastikan zat-zat yang terbuang akan minimal.
·         Pilih suplemen vitamin yang memudahkan anda dalam mengkonsumsinya.
·         Pilih produk yang telah melalui penelitian yang dapat dipercaya dan telah disetujui oleh FDA, bukan hanya dari kesaksian sejumlah orang.
·         Pilih bahan supplement yang diproduksi dari bahan yang natural seperti extraxt dari buah-buahan, tidak mengandung pewarna buatan, perasa buatan, dan pengawet.

Naila masih asik berselancar, tanpa menyadari kehadiran Ara dibelakangnya. “Nai.” Sapa Ara lembut.Naila menatap kebelakang dengan sedikit gelagapan, lalu kemudian tersenyum.
        “Kenapa kok nggak jadi tidur?” Tanya Naila. Ara tersenyum sumbang, lalu kemudian duduk disamping Naila.“Nggak bisa tidur gue. Ngerasa bersalah sama lo. Maaf ya, gue nggak bermaksud buat ngusir atau kasar sama lo.”
       “Yes I Know. Nyantai aja.Besok-besok makan teratur plus minum suplemen.Suplemen itu penting juga tau.”Jawab Naila santai.Ara mengangguk, lalu mata gadis itu tertuju pada monitor computer Naila.
      “Eh Nai, coba deh buka ini.”Ara menunjuk sebuah website yang muncul dimesin pencari google.Naila mengikuti perkataan Ara. Saat website itu dibuka, muncullah halaman home produk sea-quill. Naila dan Ara mulai membaca dan memahami setiap baris yang tertera di website itu.



MENGAPA HARUS SEA-QUILL?

 Begitu banyak produk makanan kesehatan yang beredar dipasaran, namun hanya produk-produk makanan kesehatan Sea-Quill yang merupakan hasil perpaduan antara bahan alami dan teknologi manusia, diciptakan untuk meningkatkan keseimbangan gizi, vitalitas dan kesejahteraan anda melalui kualitas produk yang prima denganbeberapa keunggulan.Sebelum produk Sea-Quill tiba di tangan anda, berbagai prosedur telah dilewati.


Produk Sea-Quill telah dipasarkan di Indonesia sejak  tahun 1997.  Sebagai distributornya dipegang oleh CV. Abad Dua Satu Makmur (ADSM).ADSM sendiri adalah sebuah perusahaan yang telah berpengalaman sejak tahun 1990 dalam mendistribusikan dan memasarkan produk-produk makanan kesehatan dari USA ke ritel kesehatan modern dan tradisional di Indonesia.

ADSM berkantor pusat di Jakarta serta memiliki kantor perwakilan di pulau Jawa, Bali, Kalimantan dan Sumatera. Saat ini ADSM memiliki kurang lebih seribu karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia.
CV. Abad Dua Satu Makmur merupakan importir dan distributor resmi produk Sea-Quill di Indonesia, berdasarkan surat Distributor Agreement antara CV. Abad Dua Satu Makmur dan Sea-Quill Inc.Hal ini dikuatkan dengan Certificate of Free Sale yang dikeluarkan oleh Pemerintah USA.
Untuk memastikan bahwa produk yang dipasarkan benar dari negara produsen, dengan deskripsi yang sesuai dengan yang tertera dalam Surat NIE produk, maka importir wajib mengajukan Surat Keterangan Import (SKI) ke Badan POM.
Importir harus menunjukkan Invoice, Packing List, AWB/BL, Certificate of Analysis, informasi bentuk kemasan, lot number dan tanggal kadaluarsa serta beberapa dokumen lainnya dari produsen negara asal. Adapun SKI dari Badan POM terhubung langsung dengan pihak Bea Cukai melalui Indonesia National Single Window system (INSW), yang intinya produk makanan kesehatan import yang masuk ke Indonesia (dan diperiksa oleh Bea Cukai) harus memiliki deskripsi yang sama dengan yang tertera dalam SKI.

Produk-produk Sea-Quill sendiri selain sudah tersebar di pulau Jawa, Bali, Kalimantan dan Sumatera, bahkan hingga ke Sulawesi, Nusa Tenggara dan Batam.  Produk-produk Sea-Quill selain dipasarkan melalui ritel farmasi modern seperti Century, Guardian, Watson, Boston Drug Store; jaringan apotek seperti Kimia Farma, Apotek K24 juga dapat diperoleh di Apotek dan Toko Obat tradisional bahkan jaringan waralaba tertentu dan Online Store terkemuka di Indonesia.
Produk-produk Sea-Quill telah didaftarkan dan mendapat Nomor Ijin Edar  dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Republik Indonesia.



Surat-surat izin produk sea-quill


Sebagai penyalur tunggal produk Sea-Quill di Indonesia, ADSM juga memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik  bagi pelanggan demi terwujudnya harapan Sea-Quill ...For Your Healthier Life...
Sea-quill adalah produk makanan kesehatan/suplemen berbahan alami yang dimanufaktur oleh Natures Inc., produsen makanan terbesar di USA, yaitu dengan fasilitas state-of-the-art di Florida, USA diatas lahan seluas 130.000 meter persegi. Fasilitas manufaktur didesign spesifik memenuhi standar farmasi.Seluruh fasilitas dilindungi dengan system control cuaca yang terkomputeris. Bahan baku produk sea-quill alami dan telah diuji di in house laboratories, menyangkut analisa dan tes mikrobiologi. Untuk mendapatkan spesifikasi zat yang aktif dari bahan baku yang berkualitas tinggi, digunakan berbagai metode analisis dengan teknologi tinggi seperti HPLC, GC, AA, NIR, UV-VIS, LS, RI, FTIR, TLC Scan, GF, dan polarimeter untuk memastikan bahwa kandungannya terstandar dan memiliki efek terapi terhadap tubuh. Terdapat 18 tahapan seleksi dan sortasi sebelum bahan baku itu dinyatakan layak pakai.

Produk sea-quill amat diperhatikan quality controlnya. Pengawasan ketat dilakukan sejak bahan baku diterima, tes analisa bahan baku, tes sebelum-selama-sesudah pembuatan. Bahkan pengepakan hingga pengiriman.Semuanya melalui 26 tahapan prosedur yang diawasi ketat.Tim QA juga memonitor prosedur kalibrasi alat-alat agar akurasinya terjamin. Hasil akhir produk tidak akan diluncurkan kepasaran sebelum mendapat pengesahan dari QA. Selain itu, Sea-Quill juga menerbitkan certificate of analysis dari tiap produk untuk menjamin kemurnian kandungan nutriceutical. Produsen juga bekerja sama dengan pihak ketiga yang netral untuk menghasilkan independent laboratory assay. Bahan gelatin pada produk-produk softgel dan capsule berasal dari sapi yang bersertifikat bebas penyakit sapi gila (BSE Free certificate) oleh pemasok juga memiliki sertifikat HALAL.

Produk Sea-quill tidak mengandung ragi, pengawet, dan pewarna sintesis. Sea-quill di produksi dengan bahan baku alami dan dihasilkan dari system penanaman organic yang bebas pestisida, bebas pupuk kimia dan non-GMO (Genetically Modified Organisms). Produsen juga menerapkan jaminan uang kembali (money back guarantee) atas kemurnian, kesegaran, dan potensi kandungan zat aktif sesuai pada label yang tertera.

           “Wow Ra. Suplemenmakanan 
 yang bagus nih. Jelas seluk beluknya dan yang pasti ada badan POM-nya lagi.”Ujar Naila yang diikuti anggukan kepala oleh Ara.“Iya.Pilihan produknya juga banyak kayanya.Nai, coba buka link produknya.”

Lagi-lagi Naila mematuhi perkataan Ara.Gadis dengan senyum lesung pipit itu membuka link produk dan muncullah enam produk diberanda awal.“Gue buka satu-satu ya.”

Sea-Quill ALFALFA 

Serat Hijau Alami untuk Membantu Mengatasi Gangguan Lambung.Sediaan Alfalfayang diolah dari sumber organik yang tidak terkontaminasi pestisida, pupuk kimia dan bibit yang non rekayasa genetik (non-GMO) serta menggunakan Technology of Standardized Herbal Extract untuk menjamin mutu produk yang efektif dan konsisten.

Alfalfa (Medicago sativa) kaya akanvitamin, mineral, asam amino esensial, enzim pencernaan, serat dan klorofil (zat hijau daun). Bekerja membantu pencernaan protein, lemak dan pati,  mengatasi peradangan dan memperkuat lapisan pelindung lambung, menetralkan keasaman darah, pembersih darah, detoksifikasi serta mengikat kolesterol di pencernaan. Manfaat dari Sea-Quill Alfalfa 500 mg ini adalah :
·         Menjaga kesehatan saluran pencernaan, membantu mengatasi gangguan lambung, seperti tukak lambung/maag dan kelebihan gas di lambung, serta mengatasi masalah bau mulut.
·         Membantu meningkatkan proses detoksifikasipada pasien ketergantungan narkotika, obat dan alkohol serta orang yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan.
·         Membantu terapi endometriosis dan PMS.
·         Membantu menjaga keseimbangan kadar kolesterol, lemak darah dan gula darah.

Dianjurkan bagi
  • Penderita maag, tukak lambung, kembung, bau mulut dan nyeri ulu hati. Sangat baik dikombinasikan dengan Sea-Quill Enzymax Forte.
  • Orang yang hendak melakukan detoksifikasi untuk pelangsingan, pembersihan sisa obat-obatan jangka panjang, rehabilitasi narkoba dan alkohol.
  • Orang yang memiliki kadar kolesterol, lemak darah dan gula darah di atas normal.
  • Penderita rematik, PMS, endometriosis, epistaksis(hidung berdarah) dan osteoporosis.
Sea-Quill ALLERBLAZ 



Formula unik ekstrak 7 herbal berkhasiat (Phyllanthus emblica, Terminalia chebula, Terminalia bellerica, Albizia lebbeck, Zingiber officinale, Piper longum, Piper nigrum) yang didapat dari penelitian intensif selama 10 tahun terhadap lebih dari 50 jenis herbal. Telah melewati 3 fase uji klinis yang membuktikan bahwa Sea-Quill AllerBlaz memang aman, efektif dan konsisten.Secara sinergis, kandungan Sea-Quill AllerBlaz bekerja memutuskan mata rantai reaksi alergi, langsung di titik kritis mekanisme alergi pernapasan yaitu :
·         Menstabilkan sel mast (sel yang bertanggung jawab terhadap reaksi alergi).
·         Sebagai antihistamin yang menghambat aktivitas tripsin, hyaluronidase dan meningkatkan kerja anti 5-hydroxytryptamin.
·          Meningkatkan aktivitas antioksidan dan antianafilaksis.

Manfaatnya adalah Mengurangi gejala-gejala yang menyertai alergi pernapasan, seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, hidung gatal dan berair, mata berair, tenggorokan gatal dan sesak napas.Menjaga kesehatan saluran pernapasan dan menjaga agar sirkulasi tetap bersih.Menetralisir radikal bebas yang dapat merusak saluran pernapasan dan sistem kekebalan tubuh.Sea-Quill Allerblaz dianjurkan bagi :Penderita alergi pernapasan (akibat debu, pollen, suhu dingin, infeksi, dll), hay fever dan asma. Juga bisa bagi penderita sinusitis dengan pencetus alergi pernapasan.Sangat baik dikombinasikan dengan Sea-Quill Drysin.

Sea-Quill BALANCED B-100

Vitamin B Kompleks Plus Nutrisi Khusus untuk Manfaat yang Optimal. Vitamin B kompleksdengan dosis tiap komponen yang berimbang (100 mg) untuk penyerapan yang maksimal dan dikombinasikan dengan Brewer Yeast, Lecithin, Alfalfa dan Parsley untuk hasil yang lebih maksimal.Cara kerja suplemen ini adalah dengan Vitamin B kompleks berperan dalam ratusan jenis metabolisme tubuh.Dikenal sebagai vitamin neurotropic yang menjaga kesehatan saraf dan daya tahan terhadap stres.Brewer Yeast melawan perkembangan ragi dalam pencernaan yang akan “merampok” vitamin B dari makanan. Lecithin menjaga kesehatan hati tempat vitamin B bekerja.Alfalfa sebagai sumber mineral yang menjadi kofaktor metabolisme vitamin B dan Parsley untuk fungsi pencernaan yang lebih maksimal. Sedangkan manfaat dari suplemen ini adalah :
·         Menjaga kesehatan saraf (neurotropic), kulit, mata, rambut, hati, mulut, pencernaan, otak, produksi sel darah dan energi.
·         Membantu  proses penyembuhan dan memperbaiki metabolisme tubuh.
·         Meningkatkan daya tahan tubuh

Suplemen ini dianjurkan bagi Orang yang mengalami ketegangan saraf yang dirasakan seperti pegal otot dan sendi.Sangat baik dikombinasikan dengan Sea-Quill CalMagZinc.Orang yang kurang stamina, mengalami stres dan depresi serta kurang nafsu makan.Sangat baik dikombinasikan dengan Sea-Quill Selenium+ACE.Lansia, akseptor KB oral kontrasepsi, pemakai obat antibiotik, sulfa, pengencer darah, antigout, kortison dan diuretika, pecandu kopi, alkohol dan narkoba, vegetarian, dalam masa penyembuhan dan kehamilan dimana sangat perlu mendapat suplementasi vitamin B kompleks.

      “Nai, kayanya sea-quill balanced B-100 ini cocok buat gue.Pesan pesan!”Ara berseru girang, seakan rasa lemasnya beberapa menit yang lalu telah hilang. “Nggak mau ngeliat produk yang lain? Masih banyak ini.”
        “Nggak usah. Gue mau mesan yang sea-quill balanced B-100 aja.”
       “Lo yakin ini aman dan terpercaya? Harganya mahal lo, ratusan gitu.Kalau ketipu gimana?Sekarang kan lagi maraknya tuh penipuan-penipuan didunia maya gini.”
      “Gue percaya kok.Lihat deh dari situsnya aja udah meyakinkan gitu.Jangan nakut-nakutin deh.Harga nggak masalah yang penting kesehatan.Kalau sakit-sakit gini lebih susah ngapa-ngapain dan tentu saja akan dibayar lebih mahal dari harga suplemen itu.”
Naila manggut-manggut, tapi tetap merasa tak yakin.Ara menangkap ketidakyakinan dimata Naila.“Udah nggak usah cemas gitu.Menurut gue nggak mungkin banget produk seterkenal itu nipu-nipu.Kalau mereka nipu mah itu namanya ngejatuhin nama produk sendiri dan masyarakat nggak percaya lagi sama mereka.”
       “Iya juga sih.Oke, gue pesenin!”
     “Aaaaaagggghhh!!!”Kafta berteriak dari dalam kamarnya.Teriakan yang tentu saja membuat Naila dan Ara tersentak kaget.Kedua gadis itu beranjak dari duduknya dan setengah berlari kekamar Kafta.
      “Kaf? Are you ok?” Tanya Naila khawatir sembari mengedor-ngedor pintu kamar Kafta.Kafta membuka pintu kamarnya dengan wajah cemberut stadium akhir.Bibir pink gadis itu maju beberapa senti meter.
        “Lo nggak papa?”Ara memandang Kafta.“Nggak papa apanya?Lo-lo pada liat deh muka gue. Ini nih udah ada kerutannya. Trus ada jerawat juga.Aduh, kiamat hidup gue!” cerocos Kafta sambil menunjukkan kerutan dikening dan jerawat dipipinya.
Naila dan Ara menghembuskan nafas.“Kirain apaan.Nggak keliatan kok.Lebai deh lo!” cerocos Naila sambil kembali kecomputernya diikuti oleh Ara.Kafta mendengus kesal.“Lo bilang gue lebai?Ini masalah besar tau!”Kafta mengikuti langkah Naila dan Ara.
      “Kalian lagi buka apa sih? Cariin dong suplemen awet muda pencegah kerutan dan bikin wajah selalu mulus.” Pinta Kafta.“Duh Kaf, muka lo itu oke-oke aja kok.Masih tetap cantik plus bugar.”
        “Pokoknya cariin titik!”
Naila dan Ara akhirnya mengalah.Kedua gadis itu mencoba mencari permintaan Kafta di website sea-quill.“Ini nih, nemu!”

Sea-Quill BIO P + Collagen

Suplemen yang membuat kulit awet muda dengan ekstrak plasenta sapi yang bebas kontaminan dan diproses dengan teknologi tinggi.Dapat menjamin kesegaran dan potensi zat aktifnya.Dengan kandungan vitamin E sebagai antioksidan/pengawet alami produk dan kolagen untuk mempertahankan kekencangan kulit.Produk sea-quill Bio P + Collagen ini terbukti dapat mencegah penuaan dini, mencegah kulit tampak keriput, dan menjaga kelembapan kulit agar awet muda.
Kandungan aktif Epidermal Groth Factor (EGF) dan asam-asam amino mengatur proses regenerasi jaringan kulit yang berkesinambungan, mengurangi kolagen tak larut, dan mengurangi pigmentasi. Penuaan kulit terjadi akibat rusak dan berkurangnya jaringan kolagen pada lapisan dermis.Penambahan kolagen bermanfaat untuk mengantikan jaringan kolagen yang rusak.Manfaatnya :
·         Membuat kulit cerah, lebih lembab, menjaga elastisitas jaringan ikat kulit dan menjaga keremajaan kulit.
·         Membantu mengatasi masalah pada kulit seperti, keriput, flek, dan bekas luka.
·         Menjaga kesehatan rambut dan kuku.

      “GUE MAU ITU! BELIIN GUE CEPAT.” Kafta berteriak kegirangan.“Akhirnya gue temuin juga suplemen makanan yang cocok buat gue! Yaay! Good bye penuaan dini!” Lagi-lagi Kafta bersorak.
Naila dan Ara menatap Kafta dengan tatapan bingung, lalu kedua gadis itu serentak menggelengkan kepala. “Udah deh, biarin dia. Lagi kambuh tuh.” Ucap Ara.


Baca Artikel Populer Lainnya

18 komentar:

  1. sepertinya ini sedang ikut lomba atau sejenisnya ya. Mungkin saran saja lain kali kalau nulis dialognya pakai spasi per paragrafnya, jadi yang baca bisa enak. Soalnya dari awal udah enak baca, ke bawah kok paragrafnya jadi kacau ya? Per paragraf di deskriptif lainnya juga enggak ada spasinya tuh. ^__^V

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, trimakasih atas sarannya yaa :)) ini udah dibenerin. hehe

      Hapus
  2. Hmmm, saya jarang pakai suplemen makanan, kecuali pas lagi sakit. Maklum kak, anak kos, hehe :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe. entar klo udah nggak jadi anak kos bisa dicoba suplemen dari sea-quill. hehe

      Hapus
  3. Bingung bacanya, ini cerpen atau cuman copas produk? Hehehe

    Mungkin niatnya bagus memasukan produk ke dalam sebuaj cerita, tapi porsinya lebih banyak nyeritain produknya, terus terlalu detail, diriku kan jadi gak mudeng dengan istilah-istilahnya hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini cerpen berbentuk promosi produk kak. hehe.

      Hapus
  4. ini lagi ngereview apa lagi ikutan kompetisi ? hhe... gue kurang suka sama suplemen sukanya sama wonderwoman :D hhehe tapi okelah boleh sarannya, siapa tau besok besok gue mau beli hoho D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut kompetensi kak. hoho.
      trimakasih suah berkunjung :))

      Hapus
  5. Ini promosi produk yang dikemas kaya cerpen, kalo bisa cerpennya lebih dibikin greget lagi biar obatnya juga kedengeran lebih greget, mungkin bisa diceritakan kalo tiba ada tokoh cewek yang diajak balikan sama mantannya, trus malah minum suplemen biar bisa nahan godaan buat balikan sama mantannya wkwkwkwk...
    Terus semangat ya buat nulis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk. ide bagus kak. mungkin lain kesempatan bisa dicoba. haha

      Hapus
  6. Saya hampir gak pernah pake2 suplemen makanan kek gini. Btw km lg ikut kontes atau emang ikut mlm?? * kepo... Good job, keep spirit

    BalasHapus
  7. wah baru denger kalo ada supplemen kayak begitu tapi kayaknya aman banget yahh..kamu niat abis deh sampai paling detail juga diceritain tapi ini bukan Giveaway ya?? aku pikir kamu lagi ikutan GA Mut. hehehe :D

    BalasHapus
  8. wah lagi lomba nih.. semoga juara adeh soalnya tulisannya pajang banget, lengkap. tapi kurang rapih ajah si.

    sea-quill... suplemen makanan yah. ada khasiat buat ngobatin rasa ditolak mantan nggak, kalau ada kayaknya gue langsung ajah beli nih.. hahah

    BalasHapus
  9. awalnya kirain lagi baca cerpen... eh ternyata di kemas dengan informasi menarik tentang suplemen. Informasinya jg detail banget... kyknya dari a-z semuanya dibahas... lengkap deh... makasih infonya dan semoga juara^^

    BalasHapus
  10. sukses ya semoga jadi juara deh dalam lombanya :)

    BalasHapus
  11. muth muthh maap yak baru bisa mampir,, soalnya kemarin masih nyasar :3
    biasa mood ngeblog hilang seketika huhu..

    mangappp yaa :3

    ini bahas suplemen gitu, kurang panjang postingannya muth :3
    lumayan, isemoga sukses ya muth, apa udah di umumin muth pemenangnya ?

    BalasHapus