Metode-metode dalam memasak

10.27 muthihaura 1 Comments


Pengalaman itu bisa didapat dari mana saja. Dari siapa saja. Dan dari arah mana saja. Asalkan kita juga mau berusaha untuk mencarinya. Tidak hanya duduk diam di atas tempat tidur sambil berharap bisa belajar dari banyaknya pengalaman.

Wake up! Bangun! Karna banyak hal didunia ini yang asik untuk dipelajari. Ah, self reminder untuk diri sendiri nih. Ngomongin soal pengalaman, aku jadi keingat pengalaman kurang lebih sebulanan yang lalu.

Sebuah pengalaman yang mengajarkan aku tentang banyak hal, juga mempertemukan aku dengan banyak orang hebat yang memiliki karakter sifat masing-masing. Ya, pengalaman mengikuti kelas Tata Boga.


Nah, kali ini, aku pengen sharing ilmu yang aku dapatkan dari kelas Tata Boga itu. Mana tau bisa bermanfaat juga untuk teman-teman semuanya. Sebelum mengenal metode-metode memasak, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu memasak.

 

Memasak adalah merubah struktur atau karakteristik bahan makanan menjadi mudah dicerna dan aman untuk disantap dengan proses pemanasan. Sedagkan metode sendiri adalah proses yang digunakan untuk merubah karakteristik makanan.

Dari dua pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode memasak adalah proses yang digunakan untuk merubah karakteristik makanan dengan proses pemanasan agar makanan mudah dicerna dan aman untuk disantap.

Ini dia sembila metode memasak yang harus diketahui. Oke langsung aja kita bahas. Let’s check this out:

Pertama, metode boiling adalah metode memasak dengan cara menggunakan panas air untuk mematangkan makanan yang akan disantap. Yap, merebus kalau dalam bahasa Indonesia nya. Metode ini paling aman digunakan karna makanan yang dimasak hanya menggunakan waktu sebentar dan minim minyak. Contoh-contoh makanan yang dimasak dengan metode ini adalah sup sayur, sayur asem, lodeh, sayur bening, dan lain-lain. 

teknik memasak boiling
Boiling. source: google

Kedua, metode poaching adalah metode memasak dengan cara direbus tetapi dengan api yang sangat kecil. Jadi kematangan yang perlahan-lahan memerlukan waktu yang lama. Tujuan metode ini sendiri adalah untuk mendapatkan rasa kaldu yang gurih, dan kandungan gizi yang terkandung juga tetap aman. Cara ini digunakan dalam proses pembuatan bakso daging.

Ketiga, metode braising adalag metode memasak dengan dua metode sekaligus, yaitu menggunakan proses pembakaran terlebih dahulu, setelah dibakar, proses selanjutnya adalah dimasak dengan menambahkan sedikit air. Tujuan metode ini adalah untuk mendapatkan aroma khas.

Metode ini jangan terlalu sering dikonsumsi karna kandungan karbon yang digunakan pada saat pemasakan sangat berbahaya bagi tubuh. Keempat, metode stewing atau menumis.

Metode ini merupakan perpaduan antara memasak dengan menggunakan minyak untuk menumis bumbu supaya aroma bumbu keluar, setelah bumbunya harum, langsung disiram air. Setelah air mendidih, baru dimasukin sayuran dari yang teksturnya keras terlebih dahulu, baru sayuran yang ceat lunak.

Nah, contohnya itu capcay, aneka tumis sayur, dan lain sebagainya. Kayanya aku sering makai metode ini. Kelima, metode steaming atau mengukus. Contohnya kaya masak bakpao, siomay, dimsum, dan lain sebagainya.

metode memasak steaming
steaming. source: google

Keenam, metode frying adalah metode yang menggunakan minyak banyak. Setelah minyak banyak, baru bahan makanan dimasukan. Contohnya makanan kaya ayam goreng, tempe goreng, dan lain sebagainya.

Ketujuh, metode roasting adalah metode memasak dengan cara memasaknya menggunakan oven untuk daging. Jadi proses pematangannya dari uap panas api tanpa menggunakan air. Kedelapan, metode baking, yakni metode memanggang dalam oven untuk kue dan sayur.

Aku baru tau loh pas pelatihan itu kalau untuk kue, sayur, dan daging itu beda nama untuk cara pemanggangannya. Dan yang kesembilan metode grilling adalah metode memasak dengan menggunakan panas api secara langsung. Contoh makanannya itu kaya sate kambing.

Oke deh, itu dia sembila metode dalam memasak. Semoga bermanfaat ya. Salam sayang, @dapurhauraa.
Minggu, 27 Oktober 2019. 19.08 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

1 komentar:

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak resky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

    BalasHapus