Pelatihan Tata Boga #4

14.13 muthihaura 1 Comments



Haai, Assalamua’laikum. Gimana kabarnya nih? Kalau aku, Alhamdulillah job akhir-akhir ini lancar. Semoga akan terus begitu hingga seterusnya. Amin. Aku juga lagi belajar tentang cara mengelola keuangan plus investasi. Soalnya ada target besar untuk tahun 2020-2021.

Doain semoga semua yang aku usahakan lancar ya. Doa yang sama juga buat kamu. Nah, kali ini, aku pengen sharing nih pengalaman pelatihan  tata boga yang aku ikutin di UPTLK Wilayah 1. Semoga bisa dijadikan pelajaran. Karna guru terbaik itu pengalaman, nggak harus pengalaman pribadi, tapi juga bisa belajar dari pengalaman orang lain.


Rabu, 28 Agustus- Senin, 30 September
Hari ini mulai belajar masak. Seperti biasa, kami diharuskan sudah berada di BLK sebelum jam 07.30 untuk mengikuti upacara. Memang setiap pagi ada upacaranya, tapi upacara kami sekitaran kurang lebih dua mingguan ditiadakan karna asap.


Iya, emang pas pelatihan itu, asapnya lagi parah-parah banget dan kami sama sekali nggak diliburkan. Alhamdulillahnya, nggak ada satupun dari kami yang sakit. Dari tanggal 28 Agustus ini, kami mulai start masak. Menu yang dimasakpun beragam.

Ada pie brownies, schotel tahu, brownies ketan hitam, ayam bakar belacan, manggo drink, singkong lapis kukus, bolu tape putih telur, brownies kukus putih telur, ayam saus tauco, nona manis, martabak mini isi sayuran, ongol-ongol ubi jalar, es doger, saus tomat, pizza, kue lapis tepung beras, mie ayam, kue kering cramble bell, pasta goreng panir, muffin tape, muffin coklat, dan lain sebagainya. 

pie brownies

pizza
pizza

Alhamdulillah lumayan banyak juga resep yang kami pelajari. Bikin aku makin semangat untuk terus belajar pastinya. Beberapa resepnya udah pernah aku try dirumah dan kebanyakan yang belum. Untuk resep yang udah pernah aku coba sendiri dirumah, bisa cek di channel youtube aku ya. Searching aja ‘Muthi Haura’.

Nah, sistemnya itu, pagi hari setelah upacara, kami nyatat dua resep, lalu dua resep itu akan kami coba buat dalam sehari. Nggak lupa juga kami punya jadwal piket. Kalau aku, piketnya hari Rabu bareng Mak ngah dan Shalsa.Trus untuk masaknya juga perteam. Aku seteam dengan Bu Epi, Feby, Yana, Swiji, Dila, Aziz, dan Bu Siti.

team masak
Team Masak

Lumayan seru, tapi ada beberapa kejadian juga yang nggak ngenakin dengan beberapa teman sekelas. Maklumlah, namanya juga nyatuin 16 kepala dalam satu ruang kelas.

Aku sama sekali nggak ingin menceritakan kejadian nggak ngenakin itu di blog ini, karna aku nggak ingin mengingatnya. Biarlah yang aku ingat hal-hal menyenangkannya saja. Semoga kelak jika aku sudah tua dan aku rindu cerita dipelatihan ini, aku bisa membacanya lewat blog ini. Tentu saja yang aku baca kisah menyenangkannya saja.

Selasa, 1 Oktober 2019
Hari ini resmi penutupan. Kami yang APBD, penutupannya di aula. Entah kenapa rasanya sedih. Sedih harus berpisah dengan teman-teman. Sedih karna nggak dapat ilmu lagi dari BLK. Sedih karna harus kembali ke ‘real life’.

Sedih harus kembali berjuang melanjutkan hidup masing-masing. Hampir dua bulanan kami bersama dan bukan hal yang ‘mudah’ untuk pergi. Dari masing-masing teman-temanku di pelatihan, aku belajar banyak. Aku juga belajar banyak hal terkait masak memasak disini.

Aku jadi semakin semangat untuk terus belajar masak dan belajar semua hal yang aku sukai, karna aku selalu percaya bahwa, apa yang kita pelajari akan membantu hidup kita dikemudian hari. Ah, pada nyatanya ‘pergi’ itu pasti.

Cepat atau lambat, perpisahan itu pasti adanya. See you at the top, guys! Maafkan semua kesalahan aku ya baik disengaja ataupun tidak. Sukses selalu buat kita semua. Jangan pernah lupakan semua kenangan tentang ‘kita’ ya.

Hari ini juga, kami tukeran kado. Aku dapat kado dari Yana dan itu asli susah banget dibukanya. Niat banget dia ngerjainnya haha. Oya, untuk hari ini dan hari ditanggal 30 kemaren, aku ada buat videonya di channel youtube aku. Jangan lupa nonton ya.

Oke deh, mungkin segini dulu cerita dari aku. Tungguin kelanjutannya ya di part 5 nanti. Yap, In syaa Allah part lima itu part yang terakhir dari episode cerita pelatihan Tata Boga ini.

Semoga ini bukan akhir untuk aku mengembangkan diri. Semoga akan banyak pelatihan-pelatihan lainnya yang aku ikuti untuk terus mengembangkan diri. Tentu saja dalam bidang-bidang yang aku sukai. Salam sayang, @muthihaura1.
Kamis, 14 November 2019. 13.45 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

1 komentar: