3 Pelajaran dari Kasus Lucinta Luna Vs Keanu

21.29 muthihaura 12 Comments


Haloo, Assalamua’laikum. Bagaimana nih kabarnya di hari kesembilan di 2020? Sudah menetapkan target-target? Atau sudah melistkan hal-halapa saja yang akan dilakukan di 2020? Atau masih asik berleyeh-leyeh karna lagi liburan semester bagi yang kuliah?

Apapun itu, semoga harus sempatkan diri untuk tetap produktif ya. Semoga 2020nya jadi tahun yang mengembirakan dan banyak pencapain yang diraih. Amin! Tadi pagi, aku scrolling twitter, trus ngebaca beberapa thread tentang kasus Lucinta Luna dan Keanu.

Sampai-sampai aku juga jadi ngestalkerin instagram Lucinta Luna dan Keanu. Btw, aku nggak terlalu kenal dengan Keanu. Tapi dari kasusnya dengan Lucinta Luna ini, aku jadi tau bahwa ia termasuk salah satu selebgram.



Selain itu, aku juga sering lihat reply orang-orang di twitter makai potongan-potongan videonya yang kata orang sih lucu. Aku nggak terlalu kenal Keanu dan nggak ngikutin dia, jadi aku nggak bisa terlalu menilai dia itu gimana. Dari komen-komen di thread yang aku baca, ada yang pro dan kontra terhadap Keanu ini.

Ada yang bilang becandaan Keanu kasar dan nggak ada lucu-lucunya. Ada yang justru bilang kalau Keanu lucu banget. Ya, semua itu kembali ke selera humor masing-masing sih.
Nah, kalau Lucinta Luna sendiri, meski aku nggak follow tapi seringlah ngelihat sosoknya berseliweran di youtube. Berhubung dirumah nggak ada TV. Ada sih tapi rusak, jadi aku sama sekali nggak tau apakah Lucinta Luna ini sering masuk TV apa nggak.

Yang aku tau, Lucinta Luna termasuk public figure yang cukup fenomenal dan banyak dikenal oleh masyarakat.

Kronologi Keributan Lucinta Luna Vs Keanu
Dari thread-thread yang aku lihat di twitter, jadi kronologinya itu begini, Keanu mengepost di sosial medianya dengan kata-kata begini:  “Lucinta Luna dari lahir adalah wanita seutuhnya. Lu percaya nggak? Jujur? Nggak kan? Becanda Lucinta Luna. Eh serius deh. Kakek, setuju nggak Lucinta Luna di nobatkan sebagai boneka berbie Indonesia? Boneka santet gue setuju!”

lucinta luna vs keanu
Lucinta Luna Vs Keanu. source: google

Ternyata video tersebut tersebar hingga akhirnya Lucinta Luna tau bahwa dirinya dikata-katain. Keanu meminta maaf kepada Lucinta Luna. Tapi dari tanggapan aku pribadi, permintaan maaf Keanu itu kaya nggak serius sih. Terkesan main-main.

Mungkin karna Keanu memang type orangnya kaya gitu kali ya. Permintaan maaf Keanu tersebut di post oleh Lucinta Luna di instagram storynya. Mulai deh pada sindir-sindiran di instagram story. Lucinta Luna ngata-ngatain Keanu. Keanu pun begitu.

Teman-teman dekat Keanu sesama selebgram juga ikut membantu Keanu dengan menyudutkan Lucinta Luna. Yap, the connels twin dan Lula. Kalau the connels twin aku cukup tau, walau nggak ngikutin amat. Cuma si Lula, aku juga baru tau tentang dia.

lucinta luna vs keanu
salah satu instagram story saling menyerang antara Lucinta Luna vs Keanu dan teman-temannya

Iya, aku tau kalau aku emang nggak terlalu ngikutin dunia perselebgraman huhu. Paling selebgram yang memang aku ketahui itu ya Cuma beberapa yang emang aku suka. Makin panas tuh sindir-sindirannya. Lucinta Luna bilang para selebgram-selebgram itu pansos ke dirinya. Para selebgram-selebgram itupun membalas kata-kata Lucinta Luna.

3 Pelajaran dari Kasus Lucinta Luna Vs Keanu
Dari yang aku lihat dan aku amati, kedua pihak salah. Aku nggak dukung siapa-siapa dan aku nggak di kubu siapa-siapa. Keanu salah, Lucinta Luna pun salah. Cuma yang kurang aku sukanya, pertikain mereka ini saling ngebody shamming.

Entah kenapa, aku kurang suka aja orang-orang yang ngomongin fisik orang lain. Secara kan fisik ini dari Tuhan. Nggak pernah bisa request mau begini mau begitu. Udah dikasih kaya gitu, ya gimana mau ngubahnya. Paling bisanya ngerawat.

Mungkin karna aku terlalu sensitif terkait body kali ya haha. Nah, dari kasus ini juga banyak sekali pelajaran berharganya yang bisa kita ambil plus terapkan dikehidupan kita. Tapi kali ini, aku bakal rangkum dalam tiga pelajaran berharga saja terlebih dahulu.

Pertama, sebisa mungkin hindari membuat masalah dengan orang lain. Hidup ini udah terlalu ribet, jangan ditambah makin ribet dengan bermasalah sama orang lain. Kalau bisa dihindari, mending dihindari. Sebisa mungkin juga nggak usah deh ngejelek-jelekin orang lain. Mending fokusin ke karya.

Bikin karya. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya dan ngelakuin hal-hal positif. Hal kaya gitu jauh lebih menyenangkan loh. Kedua, kalau ada masalah, mending langsung diselesaikan. Nggak usah di umbar-umbar di sosial media. Kebanyakan artis dan selebgram yang aku lihat, ada masalah di umbar-umbar di instagram story.

Nggak semua sih, tapi kebanyakan gitu. Sayang aja kalau permasalahan itu jadi konsumsi publik. Lebih baik selesaikan secara langsung. Tapi nggak tau juga ya jika ada tujuan lain dengan di uploadnya di sosial media.

Dan yang ketiga nih, sama kaya pembahasan sebelum-sebelumnya di paragraf-paragraf atas, jangan body shamming dan ngejudge orang lain. Bagaimanapun bentuknya, apapun pilihan hidupnya, karna kita tinggal di negara Demokrasi, maka hargailah.

Kita nggak pernah tau berada di posisi orang tersebut seperti apa. Kita nggak tau kisah hidup orang tersebut. Kita hanya tau namanya, tapi tidak dengan cerita hidupnya. Jadi ketimbang kita ngebody shamming dan ngejudge sana sini, mending kita memperbaiki diri kita sendiri.

Mengupgrade diri untuk terus belajar menjadi lebih baik lagi disetiap harinya. Oke deh, mungkin segini dulu 3 pelajaran dari kasus Lucinta Luna Vs Keanu. Semoga bermanfaat ya. Salam damai, @muthihaura1.
Kamis, 9 Januari 2020. 21.13 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

12 komentar:

  1. Seneng baca tulisan yang ngalir gini, yang udah langsung diupadet. Mantap!

    Aku pun sempet ngikutin pertikaian dua selebgram ini sih, rame banget diomongin di twitter sampe jadi trending topik duh. Kurang lebihnya aku setuju sama opini kamu sih, paling risih sama yang dikit-dikit bodyshaming.

    BalasHapus
  2. tetap aja saya ga suka LL yang memang suka cari perhatian mba. Apalagi ga kebayang di akhirat nanti. Kakak fans LL ya kak

    BalasHapus
  3. Oh wow aku baru tau soal kasus ini! Udah 3 tahun terakhir gak pernah lagi nonton TV indo haha. Tapi semacam malesin banget yaa kasusnya. “Body Shaming + Mulut yang terlalu lemes buat ngejudge orang lain”

    As you mention above, “kita nggak pernah tau berada di posisi orang tersebut seperti apa. Kita nggak tau kisah hidup orang tersebut. Kita hanya tau namanya, tapi tidak dengan cerita hidupnya. Jadi ketimbang kita ngebody shamming dan ngejudge sana sini, mending kita memperbaiki diri kita sendiri.”

    Setuju Muth! Perlakukan orang lain seperti apa kita ingin orang lain memperlakukan kita.

    BalasHapus
  4. Aku baru tau beritanya nih, dan baru tau juga selebgram bernama Keanu dan kawan-kawan. Seru ya sepertinya! Tapi sayang banget, mereka makin terkenal dengan cara memblowup keburukan orang. Coba dengan unjuk kreatifitas positif masing-masing ya, pasti sosmed bisa makin berfaedah!

    BalasHapus
  5. Oo ini yang buat keanu keanu itu trending di twitter. Hmmm, speechless sih ya, juga malesin ama kasusnya. Kesel aja gitu

    BalasHapus
  6. Yaah begitulah sih kehidupan artis, kalo ga rame ga greget dan dapat job.. Lumayan lah hiburan gratis :))

    BalasHapus
  7. kasus pembuka paling ramai di awal tahun 2020 hahaha, emang gwlaaa banget muth

    BalasHapus
  8. Err, aku emang pada dasarnya nggak suka sih sama LL. Sebagai figur publik, cara bicaranya kadang kurang terjaga. Ada banyak hal yang sebenarnya bisa mereka lakukan selain dengan saling menjatuhkan. Sayang banget malah ke-blow up karena hal begini

    BalasHapus
  9. Oh ya ampun ini apaan, siapa orang2 ini? Apakah kasta gue terlalu tinggi smp ga pernah dengar & tau siapa mareka2 ini? Wkwkwk apa iniihh muutt...*lgsg Mandi kembang gue

    BalasHapus
  10. Setuju nih. Ngapain juga ngurusin hidup orang lain. Bener yang dirimu bilang mbak, mending berkarya aja deh.

    BalasHapus
  11. Jeleknya kita ketika gampang banget akses media sosial tanpa filter diri. Jeleknya ketika teknologi semakin canggih, kitanya ga bijak gunainnya. Hemm..

    BalasHapus
  12. Saya sih kalau udah berhubungan dengan artis yang suka nyari sensasi begini nggak peduli mbak. Jie jiekkk!! Oh ya, semangat terus nulisnya ya!

    BalasHapus