Jenis-jenis Coklat untuk Membuat Cemilan Lezat

14.17 muthihaura 9 Comments


Halooo, Assalamua’laikum. Gimana nih kabarnya dan sudah ngelakuin apa? Teman-teman yang udah lama baca blog aku, pasti tau dong kalau aku lagi suka-sukanya masak. Mau itu masak kue, roti, dan juga lauk pauk.

Rasanya seru aja pas berkecimpung di dapur. Trus juga di tahun 2019 lalu, aku mengikuti Pelatihan Tata Boga di UPTLK Wilayah I Provinsi Riau. Di youtube ku pun banyak resep masakan yang aku udah aku buat.


Emang sih bersantai bersama keluarga di hari libur tidak lengkap tanpa kudapan, iya kan? Biasanya kalau adik-adik aku pulnga dari pondok, aku pasti bikinin cemilan-cemilan yang mereka suka. Senang aja gitu ngelihat mereka ngabisin makanan yang aku masak.

Salah satu menu makanan yang disukai adik-adik aku adalah yang berbahan dasar coklat seperti brownies, dan lain sebagainya. Donat dengan glaze coklat. Roti-rotian yang isinya filling coklat.

Pokoknya semua yang berbahan dasar ada coklatnya.  Coklat memang  dapat dibuat untuk berbagai macam kue yang manis dan enak. Namun, kita perlu mengetahui juga nih apa saja jenis-jenis coklat. Tujuannya apa? Ya supaya tidak salah pilih dalam pembuatan kuenya.

Apalagi bagi teman-teman  yang hendak memulai usaha membuat kue yang berbahan dasar coklat. Teman-teman wajib tahu apa saja jenis dari coklat agar hasil dari pembuatan cake atau kue dapat maksimal. Budget juga menjadi hal yang sangat penting teman-teman persiapkan.


Teman-teman bisa memahami jenis dari coklat ini lebih jauh lagi agar rencana membuat cemilan di hari libur atau usaha berjualan kue dapat berjalan dengan baik. Simak penjelasan jenis-jenis coklat berikut ini agar teman-teman bisa membuat cemilan lezat:

  1. Coklat blok . Salah satu jenis coklat untuk membuat cemilan lezat adalah coklat blok. Bentuknya yang batangan dengan rasa asli dan manisnya yang khas. Dapat digunakan untuk pengisi dari rasa kue. Bisa juga digunakan untuk membuat minuman hangat saat cuaca dingin. Bersantai dengan minuman coklat yang dilelehkan dan ditambahkan es, rasanya akan semakin lezat.
coklat blok
coklat blok. source: shopee
  1. Coklat bubuk. Setelah Coklat blok, coklat untuk membuat cemilan lezat lainnya adalah coklat bubuk. Dari coklat bubuk ini, teman-teman  bisa membuat kudapan seperti es krim, kue cake brownies, black forest, jelly, permen, dan juga kue kering. Oya, coklat bubuk ini dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Harganya juga cukup terjangkau.


  1. Coklat chip ini juga rasanya sangat lezat. Dapat dijadikan pemanis untuk hiasan kue dan roti. Teman-teman bisa juga langsung memakannya sebagai kudapan loh.

  1. Coklat meses, bahan yang satu ini sering dijumpai sebagai hiasan cake dan kue lainnya. Caranya cukup hanya perlu menaburkannya di atas kue maka akan memperkaya cita rasanya.


  1. Coklat lapis. Coklat lapis ini juga termasuk salah satu jenis coklat untuk membuat cemilan semakin lezat. Bentuknya yang seperti pasta bisa digunakan untuk membuat berbagai kuliner. Cemilan seperti ice cream, membuat cookies, isian kue sus, atau juga cake coklat.

Nah itu dia berbagai jenis-jenis coklat perlu ketahui, baik dari bentuk dan juga kegunaannya. Berbagai pilihan coklat tadi dapat di temui di pasaran loh. Tapi memang lebih lengkap di toko kue.

Atau jika teman-teman tak ingin ribet keluar rumah untuk mencari bahan-bahannya, teman-teman juga bisa loh mengunjungi Tokowahab.com untuk mendapatkan semua jenis dari coklat tersebut. Dan tentu saja bahan-bahan kue lainnya.

In syaa Allah teman-teman akan mendapatkan produk yang berkualitas. Harganya juga sangat terjangkau. Ingat deh, bahan-bahan yang bermutu akan membuat kudapan yang di olah menjadi lebih lezat rasa dan tampilannya akan menggugah selera siapa saja yang melihat.

Selamat belajar membuat kue teman-teman. Aku juga bakal semakin berusaha untuk terus belajar dalam bidang kuliner ini. selain itu, Aku juga sedang berencana untuk berjualan donat dengan topping ala-ala J.CO. Doain ya semoga berjalan lancar. Oke deh mungkin segini dulu. Salam sayang, @dapurhauraa.
Jum’at, 24 Januari 2020. 14.11 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

9 komentar:

  1. Enaknya sdh dpt pelatihan tata boga, mbak. Semoga lancar nih rencana usaha jualan donatnya 😉

    BalasHapus
  2. Aku dulu pas lagi rajin ngebanking, hampir semua jenis coklat ada stoknya di rumah. Sekarang paling coklat meses aja. Xixixi...

    BalasHapus
  3. Paling suka coklat batang kakkk hahaha apalagi sisa sisa bahan kue lebaran umi di rumah. Duh enak kalii

    BalasHapus
  4. Baru Tau kalau coklat ada banyak jenis, kirain coklat ya coklat aja..haha,
    Bolehlah kan sesekali nyoba kue buatan mbak muthi haura neh . .

    BalasHapus
  5. wah seru ya, suka banget ini buat kue dengan filling coklat, proses melelehkannya gemesin aja gitu wkwk

    BalasHapus
  6. Ternyata ada banyak yaah jenis cokelat yang dijual di pasaran. Jadi kalau mau belanja untuk masak udah paham deh hehe..

    BalasHapus
  7. Coklat yag nggak bikin gndut dn sakit gigi ada nggak kk?

    BalasHapus
  8. Wah pengen coba bikinan muthii .. kapan yaaa ?

    BalasHapus
  9. wooh, aku demen nih, masak dan bikin pastry begini, apalagi coklat selera ku yang manis- manis, cuma kurang suka meses, kecil2 ga berasa...ahaha

    BalasHapus