Opening Ceremony Hokben Pekanbaru

21.06 muthihaura 10 Comments


Jika ingin sukses, kamu harus berani keluar dari zona nyamanmu. Kamu harus berani untuk melangkah kedepan. Berani untuk mengambil keputusan yang mungkin bagi orang lain adalah hal yang sia-sia. Mungkin kalimat-kalimat ini yang membuat Hokben membuka banyak cabang, salah satunya di Pekanbaru, kotaku.

Aku mendengar tentang restaurant Hokben sudah sejak lama, namun hingga usiaku 23 tahun, aku belum pernah mencicipi menu-menu ala Jepang dari Hokben. Padahal kalau bisa dibilang, saat SMP, aku teramat menyukai Jepang. Hingga novel yang aku tulis dan diterbitkan oleh penerbit mayor euthenia dengan judul ‘Always Love You’ itu, berlokasi di Jepang.

Iya, sesuka itu sama Jepang. Sampai dulu juga belajar bikin manga Jepang dan pengen banget bisa tiba di negara itu. Tapi ternyata Allah belum berkehendak. Itu salah satu alasan mengapa aku excited banget saat tau Hokben buka cabang di Pekanbaru.

Dan yang bikin senangnya, aku dan Blogger Pekanbaru di undang untuk ngehadiri opening ceremonynya Hokben. Alhamdulillah. Sebelum bercerita lebih lanjut terkait opening ceremonynya Hokben Pekanbaru, ada baiknya, kita kenalan dulu yuk dengan Hokben.

Mengenal HokBen
Hokben pertama kali berdiri sejak 18 April 1985 di Jakarya. Iya, udah lumayan lama ya. Pendirinya sendiri bernama Hendra Arifin. Nama awal Hokben adalah Hoka-hoka Bento. Di tahun 2013, Hoka Hoka Bento mengalami peremajaan dan pembaharuan logo atau biasa dikenal dengan rabranding menjadi HokBen.

Kok namanya jadi HokBen sih, Mut? Karna pengunjung Hoka Hoka Bento saat itu menurut survey, saat mereka ingin makan di Hoka Hoka Bento, mereka menyebutnya HokBen. Jadilah saat ini Hoka Hoka Bento rebranding nama menjadi HokBen. Itu sih yang aku tau dari cerita kakak-kakak HokBennya.

HokBen memiliki visi ‘bring goodness to nourish people’s life throught creating and providing food with integrity’. Untuk misinya sendiri, HokBen punya tiga, yakni: pertama, mengedepankan kualitas dan service yang baik kepada custumer. Kedua, we strive to make better ways in creating value for stakeholder throught innovation and technology.

 

Dan visi yang ketiga adalah we commit to our people by providing on opportunity to grow and excel. Artiin sendiri ya hehe. Oya, HokBen ini berada di bawah lisense PT. Eka Bogainti ya. Untuk sejarah-sejarah HokBen, bisa dilihat dibagan dibawah. 

sejarah hokben

sejarah hokben

sejarah hokben


Dapat dilihat bahwa ditahun 1990, HokBen membuka gerai pertama di Bandung. Sedangkan gerai pertama di Surabaya dibuka pada tahun 2005. Pekanbaru sendiri merupakan gerai HokBen yang ke-170. Waw banget ya. Alhamdulillah akhirnya masuk juga ke Pekanbaru hehe.

Kalau kenalan dengan HokBen, pasti tak lepas juga dengan dua bocah cewek cowok di logonya HokBen. Pada tau nggak itu siapa? Yap, Taro dan Hanako. Taro sendiri merupakan sosok anak laki-laki yang memiliki rasa ingin tau yang tinggi. Taro suka berpetualang dan mengeksplor tempat-temat baru untuk dikunjungi.

Hanako sendiri merupakan anak perempuan nan pendiam. Walaupun pendiam, Hanako teratamt rajin, serta patuh dan taat dengan aturan. Jadi kepengen kenalan langsung nih dengan Taro dan Hanako. Pengen deh ikutan bareng mereka berpetualang.

Community Pattern HokBen
community pattern hokben

 

Dari bagan di atas, teman-teman paham nggak maksudnya? Awalnya aku juga nggak paham, tapi setelah diberi tau, aku jadi ngangguk-ngangguk kepala, oh ternyata itu toh maksudnya haha.

Jadi ada lima simbol community pattern HokBen. Simbol pertama, mengambarkan rasa sayang orang tua kepada anaknya. Simbol ini dipilih karna HokBen merupakan restoran yang sesuai untuk keluarga, karna menyajikan makanan yang enak dan bergizi.

Kedua, welcoming hello. Simbol ini mengambarkan orang yang sedang melambaikan tangannya. Maksud dari simbol ini adalah bahwa HokBen selalu menerima dengan ramah setiap customer yang datang ke store HokBen. Simbol yang ketiga adalah friendship.

Simbol friendship ini mengambarkan kedekatan dua orang dalam hubungan persahabatan. Adapun maksud dari simbol ini adalah bahwa HokBen meruakan tempat yang tepat untuk berbagi waktu dengan para sahabat sambil menikmati santapan yang lezan dan bergizi.

Simbol keempat adalah respect. Simbol ini mengambatkan orang yang sedang membungkuk untuk memberikan salam seperti halnya budaya Jepang. Bentuk dari simbol ini adalah penghormatan yang mana HokBen akan memberikan penghormatan kepada para custumer.

Simbol yang kelima a.k.a terakhir adalah Pride. Secara harafiah, pride diartikan sebagai kebanggaan. Maksud dari simbol ini, kita harus merasa bangga karna telah menjadi bagian dari keluarga besar HokBen.

Pilar CSR HokBen
HokBen punya dua pilar, yakni cinta pendidikan dan berbagi dengan sesama. Untuk pilar cinta pendidikan, HokBen sudah memberikan berbagai beasiswa, beberapa diantaranya adalah besiswa anak karyawan HokBen berprestasi, besiswa pendidikan untuk anak Kopassus-Kostrad, beasiswa anak petani HokBen, dan lain sebagainya.

Untuk pilar cinta pendidikan ini juga, HokBen beberapa kali bekerja sama dengan pihak luar seperti NaraKreatif, Gramedia, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk pilar berbagi dengan sesama, sejak tahun 2017, diadakan buka bersama dengan anak yatim.

Ditahun 2019, ada 38 panti asuhan yang dilibatkan dalam program pilar berbagi dengan sesama ini. Selain itu, ada juga program donor darah yang rutin diadakan sejak tahun 2008. Subhanallah ya. Semoga program-program dikedua pilar ini terus berjalan sehingga mampu terus memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Amin.

Pencapain dan Penghargaan HokBen
pencapain dan penghargaan hokben

pencapain dan penghargaan hokben

pencapain dan penghargaan hokben


Dari bagan di atas, dapat kita lihat bahwa pencapain HokBen bisa dikatakan banyak. Salut dengan berbagai pencapainnya. Beberapa diantaranya yakni, Top Brand Award 2009. Mendapatkan rekor Muri di 2010 sebagai penyelenggara makan pagi ekkado dengan jumlah terbanyak, dan lain sebagainya. Semoga kedepannya, HokBen semakin menunjukkan prestasi. Amin.


Opening Ceremony HokBen Pekanbaru
Nah ini dia cerita yang ditunggu-tunggu, iya nggak? Hehe. Jadi di hari 29 Januari, HokBen resmi ada di Pekanbaru. Untuk lokasinya sendiri berada di dalam kawasan mall Living World Pekanbaru. Alasan pihak HokBen memilih Living World adalah karna mereka melihat potensi besar di LW.

Itu sih katanya, kalau aku nggak salah dengar dan gak salah tangkap hehe. Aku punya bocoran penting nih, tapi rahasia ya. Dengar-dengar, HokBen juga bakal buka loh di SKA. Alhamdulillah ya di Pekanbaru makin gampang makan HokBen hehe.

Aku ke Hokben bareng C. Nyampai di lokasi, baru dapat kabar kalau ternyata undangan untuk Blogger Pekanbaru itu dimulai jam 16-an, sedangkan jam 14 ini untuk media-media yang diundang. Dongkol? Nggak juga sih, setidaknya aku nggak melewatkan opening ceremonynya HokBen.

Selain itu juga jadi bisa ngelihat pemotongan pita sebagai bentuk simbolik resmi hadirnya HokBen di Pekanbaru. Saat jam 16-an, ternyata acara untuk Blogger Pekanbaru juga belum kunjung ada. Masih break kayanya sembari ditemani oleh suara merdunya @suarajik. Baru tau juga kalau kakak-kakak yang bertugas di HokBen Pekanbaru itu adalah putra-putri asli Riau yang di trainingkan di Jakarta selama tiga bulan. 

pemotongan pita hokben



Jam 16-an lewat, aku dan teman-teman Blogger Pekanbaru dipersilahkan terlebih dahulu untuk mencicipi menu-menu di HokBen. Aku mesan paket C dan ternyata banyak banget dalam satu nampan itu. Pas banget buat aku makan berdua bareng C. Hehe.

menikmati hokben
menikmati hokben bersama teman-teman Blogger Pekanbaru


Alhamdulillah, ini pertama kalinya juga aku nyobain menu-menu di HokBen. Iya segitunya memang. Kalau beberapa teman yang aku tanya, katanya udah pernah nyobain pas mereka lagi nggak di Pekanbaru. Kayanya aku dan C frist time makan HokBen. Senang bisa ngajak C makan. Seneng bikin orang yang disayang happy hehe. Apalagi C emang suka makan.

Pas makan, aku mesan minum milo dingin, tapi sama sekali nggak disediain pipet. Bingung? Jelas. Aku pikir, mungkin mbak yang ngambilin lupa ngasih pipet. Eh ternyata aku baru tau kalau HokBen ikut mengkampanyekan #UselessPlastic. Yap, sebuah gerakan untuk mengajak konsumen menjaga lingkungan dari limbah sampah plastik sekali pakai.

Luar biasa ya Alhamdulillah. Yuk kita juga mulai mengkampanyekan #UselessPlastik. Dimulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu dengan mungkin membawa tumble minum kemana-mana. Alhamdulillah sejauh ini, aku pribadi sudah membiasakan diri untuk membawa tumbler minum.

C juga sudah ikutan membawa tumbler. Selain untuk #UselessPlastik, kami juga ingin hidup sehat dengan memperbanyak minum air putih. Semoga deh akan selalu bertahan untuk kedepannya.

Setelah sesi makan selesai, ada tiga sesi penjelasan terkait pengenalan HokBen dari petinggi-petinggi HokBen. Penjelasan pertama dari Ibu Kartina Mangisi selaku Communications Managernya HokBen. Penjelasan kedua dari Store Managernya HokBen Living World Pekanbaru, Bapak Waluyo.

 Video opening ceremony Hokben

Dan penjelasan terakhir itu dari Wakil Direktur Operasional PT. Eka Bogainti. Wiw orang hebatnya HokBen nih. Alhamdullah bisa bertemu sosok-sosok hebat seperti mereka. Dari mereka aku belajar bahwa untuk mensukseskan sesuatu, kamu butuh disiplin, kerja keras, dan yang paling penting selain doa adalah team yang solid.

Pendapat Warga Pekanbaru Atas Kehadiran HokBen di Pekanbaru
Setelah peresmian HokBen di 29 Januari lalu, aku meminta pendapat beberapa temanku yang emang tinggal di Pekanbaru dan sekitarnya terkait kehadiran HokBen.

pendapat tentang hokben


pendapat tentang hokben



Cara Pemesanan HokBen Pekanbaru
Jika teman-teman tidak bisa langsung datang ke storenya untuk menikmati pilihan makanan dari HokBen, teman-teman bisa memesannya secara online. Yap, di ojek online ada. Bisa delivery kok. Atau melalui websitenya di www[dot]hokben[dot]co[dot]id In syaa Allah bisa.

Sedangkan jika teman-teman datang ke storenya langsung, pemesanan justru lebih mudah. Teman-teman tinggal ngantri dijalur antrian, kalau sudah tiba gilirannya untuk memesan makanan, ambil nampan, pilih menu utama dan menu tambahan.

Setelah itu, silahkan membayar di kasir dan cari deh tempat duduk yang kosong. Kalau mesan untuk dibawa pulang juga bisa ya.

Menu-menu di HokBen Pekanbaru
Untuk menunya sendiri ada beberapa paket, menu value set seharga Rp. 28.182. Menu Favorit set Rp. 45.455. Premium set dengan harga Rp. 55.455. Untuk premium set seafood di bandrol dengan harga Rp.53.637.

Menu paket bento spesial 1 terdiri dari tori no toba + ebi furai + chicken teriyaki + nasi Rp.50.000. Paket bento spesial 2 seharga Rp.54.546. Untuk menu bento spesial 3 seharga Rp.54.546 dengan isi paket tori no teba + ebi furai + beef yakiniku + nasi. Bento spesial 4 seharga Rp.54.546.

Ada juga paket A, paket B, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya bisa cek di instagramnya @hokben_id atau di websitenya HokBen.

Oke deh, mungkin segini dulu. Senang banget bisa diundang ke opening ceremony nya HokBen Pekanbaru. Aku juga berharap untuk kedepannya, semoga HokBen semakin sukses. Semakin bisa membantu memajukan masyarakat-masyarakat Indonesia dengan beasiswa yang diberikan. Pokoknya sukse selalu buat HokBen. Semoga juga bisa buka di Mall SKA atau Ciputra atau mall-mall lainnya yang ada di Pekanbaru. Amin.

Oke deh mungkin segini dulu. Semoga bermanfaat ya. Salam sayang, @muthihaura1.
Kamis, 6 Februari 2020. 21.18.

Baca Artikel Populer Lainnya

10 komentar:

  1. HokBen jg baru buka restorannya lg nih di Solo. Makin puass, makan Hokben selalu kenyang hehe

    BalasHapus
  2. Setidaknya dapat tempat nongkrong baru yah mba

    BalasHapus
  3. wiiih banyak banget testimoni yang mendukung Hokben yaa, semoga selalu menebar kebaikan kesemua warga Pekanbaru :))

    BalasHapus
  4. Makanan yang dari beef dan shrimpnya mmg enak banget. suka pokoknya fave deh. Lebih senangnya harganya gak mahal. Alhamdulillah.

    BalasHapus
  5. Jadi pengen ngajak keluarga makan di sana deh, karena makan di HokBen berbagi kebahagiaan hehehe

    BalasHapus
  6. Gileee deretan pencapaiannya...

    Tapi Hokben kayanya sewaktu buka di Pekanbaru jadi membawa rindu masalalu banyak orang yaaa .

    BalasHapus
  7. Aahhhh bahagianya bisa mencoba menu di hokben soalnya bikin kangen.
    Hehehe
    Asal gak kangen mantan #upzzz

    BalasHapus
  8. Enak semua sih menu di Hokben, kemarin setelah antri panjang bingung mau pesan mana hehe

    BalasHapus
  9. Skrg udah ga bingung lagi mau makan Hokben tinggal cus ke Living World Pekanbaru aja. Asek banget

    BalasHapus
  10. Waw suka cara kakak nulis nya selain fokus ke hokben dapat inspiratif lain😍

    BalasHapus