Adsense Blog Bikin Auto Kaya?

12.35 muthihaura 0 Comments


Halo Assalamua’laikum. Gimana nih kabarnya teman-teman? Semoga selalu sehat ya. Amin! Ditempatku lagi hujan, tapi entah kenapa nggak kaya biasanya nih. Iya, jadi biasanya kalau lagi hujan, ide-ide itu bermunculan. Ibaratnya, pas hujan itu momen paling asik buat nyari ide tulisan ataupun ide untuk youtube.
                           
Tapi saat ini nggak. Nulis ini aja ditiap paragrafnya aku bingung. Beneran bingung asli. Beberapa kali juga terjadi penghapusan haha. Mungkin salah satu faktornya karna aku jarang membaca kali ya? Asli deh, sejak awal Januari hingga akhir April ini, aku belum ada menamatkan satu buku fisik pun. Ada sih webtoon, tapi ini bukan dalam bentuk fisik, kan? Huhu.

Hah, kudu ditekunin lagi, Mut. Jangan sok sibuk. Kudu disempetin buat baca buku. Ingat Mut, menulis tanpa membaca ibarat mengukir dengan tinta kering. Dangkal. Oke, In syaa Allah setelah nulis tulisan ini, aku bakal nyempetin untuk membaca. Kali ini, aku pengen sharing atau cerita sedikit terkait adsense blog.


Sebelumnya, aku cerita secara singkat ya awal aku mulai ngeblog. Jadi, aku mulai ngeblog itu sejak Juli 2013. Sejak kecil aku memang suka nulis, jadi bikin blog ini dengan niatan untuk mengasah skill menulis. Sebelumnya, aku menulis via note facebook.


Saat tamaT SMA dan menunggu masuk kuliah, kan itu ada jeda waktu beberapa bulan, jadi deh aku nulis blog dan nyelesain satu naskah novel yang Alhamdulillah di ACC penerbit, yap naskah novel Always Love You. Entah kenapa saat ini, aku mensyukuri masa remaja aku. Setidaknya, aku mengisi masa-masa itu dengan mengasah skill. Bersyukurnya juga, aku sejak SD sudah tau bahwa aku mempunyai minat dan skill di menulis.


Awal terjun di dunia blog, aku sama sekali nggak tau bahwa blog ternyata bisa menghasilkan. Dipikiran aku, aku nuangin apa yang ada di otak aku saja, aku udah senang. Nggak peduli ada yag baca atau tidak, yang penting bagi aku, aku nulis, selesai. Tapi makin kesini, aku semakin menyadari bahwa blog ini memiliki peluang besar.

Aku lupa kapan tepatnya ada yang naroh content placement di blog ini. Aku juga lupa berapa pertama kali aku dibayar untuk tulisan content placement. Kayanya waktu itu satu artikel 50 ribu deh kalau nggak salah. Oya, content placement itu sejenis tulisan yang sudah disiapkan oleh sipengiklan dan harus di post di blog kita. Iya, jadi tugas kita Cuma ngepost dibog kita dan dibayar.

Baca Juga: JOB UNTUK BLOGGER

adsense blog bikin auto kaya?Diakhir tahun 2017, aku baru tau kalau blog juga bisa ditaroh adsense. Aku mulai pelajari sedikit-sedikit terkait adsense dan tentu saja aku tertarik. Nggak munafik lah ya, siapa sih yang nggak senang dibayar untuk hobby yang ia tekuni. Ditahun awal 2018, aku daftar adsense dan nggak butuh waktu lama, trus keterima ditanggal 10 Januari 2018.

Keterima adsense blog
Keterima adsense blog


Tapi aku nggak terlalu paham terkait adsense blog ini dan bagaimana sistemnya. Yang aku tau, adsense blog akan muncul di tulisan blog kita dan di sidebar blog. Nah, jika ada yang ngeklik iklan tersebut, baru deh kita dapat uangnya. Udah, aku Cuma taunya sebatas itu. Nggak lebih. Parahnya, aku juga nggak nyari tau lebih lanjut terkait adsense blog ini bagaimana cara mainnya.

Bagaimana cara lolosnya, Mut? Nah, aku juga nggak tau apa sih kriteria blog yang bisa lolos adsense. Beda banget dengan youtube yang tertulis jelas kriterianya bahwa jika ingin mendaftar adsense youtube, maka harus 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Doain ya channel youtube aku dimonetisasi, karna aku lagi ngumpulin 4000 jam tayangnya.

Untuk subscriber Alhamdulillah udah lebih dari 1000. Balik lagi ke adsense blog. Kalian sama sekali jangan berfikiran bahwa adsense blog aku besar. Sama sekali nggak. Setahunan lebih main adsense di blog, dengan trafik naik turun, aku Cuma baru ngumpulin Rp. 153.000.

adsense blog
adsense blog

Iya segitu. Sedikit? Off course karna aku dua tahunan adsense. Tapi memang aku nggak terlalu fokus di adsense blog ini. Aku dapat uang lewat blog ini Alhamdulillah nggak bergantung di adsensenya, tapi di content placement, review produk, content pesanan yang ditulis sendiri, dan juga dari sosial media yang aku punya lainnya seperi twitter, facebook, dan instagram.

Kok bisa dapat uang dari twitter, facebook, dan instagram, Mut? Sebenarnya awalnya karna aku ngeblog. Para agency taunya aku blogger, jadi deh mereka juga minta kerja sama disosial media lainnya. Entar deh di tulisan selanjutnya aku bakal cerita kaya mana cara aku dapetin uang lewat twitter, facebook, dan instagram ya.

Karna kalau digabung semua ditulisan ini bakal panjang. Selain itu, alasan lain kenapa kemaren-kemaren itu aku nggak terlalu berfokus dengan adsense blog adalah bahwa, aku lihat diantara televisi, youtube, blog semakin nggak ada yang baca. Orang-orang lebih suka melihat gambar bergerak ketimbang rentetan tulisan, itu kenapa adsense youtube lebih dikejar orang-orang ketimbang blog.

Tapi aku sama sekali nggak bilang bahwa adsense blog nggak ada apa-apanya. Blog juga masih punya nilai jual yang tinggi kok untuk mengiklankan sebuah produk atau jasa. Buktinya, banyak juga kok teman blogger aku yang adsensenya cair. Banyak juga yang berpenghasilan tetap dari adsense blog.

Beberapa tips dari teman-teman blogger yang adsensenya bikin mereka auto kaya adalah pertama, konten adalah raja. Tulis konten. Posting blog. Konsisten. Jangan jadikan blog sarang laba-laba. Kalau bisa bagi mereka posting 5 artikel sehari. Iya, LIMA ARTIKEL SEHARI. Kalau aku pribadi mah nggak kuat.

Tapi aku lagi usahain untuk satu artikel satu hari. Semoga aja deh ya. Nah, artikelnya juga nggak boleh copas sana sini. Kalau copas sana sini, ya nggak bakal keindex google. Kedua, pelajari SEO. Penting nih biar artikel yang kamu tulis bisa page one.

Aku pribadi sih nggak terlalu paham dengan SEO-SEO ini. DA, PA, backlink dan lain sebagainya juga kurang paham. Aku masih harus belajar terkait ini. Dan sekarang aku sudah bertekad untuk menyeriusi blog. Aku nggak mungkin melupakan blog yang udah menemani aku sejak Juli 2013 lalu.

Semoga deh dengan aku semakin menyeriusi blog ini, rezeki semakin lancar hehe. Oke deh mungkin segini dulu cerita singkat dari aku terkait adsense blog. Masih mikir adsense blog bikin auto kaya? Pasti bisa dan aku belum ditahap itu. Ayo sama-sama berjuang. Salam sayang, @muthihaura1.
Selasa, 28 April 2020. 22.11 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

0 komentar: