Kegiatan Menarik saat Wisata di Candi Borobudur

19.41 muthihaura 0 Comments


Halo Assalamua’laikum teman-teman semua. Bagaimana nih kabarnya? Semoga selalu sehat ya. Semoga wabah Covid-19 ini cepat berlalu sebelum ramadhan. Amin. Pengen banget bisa menikmati suasana ramadhan seperti dulu-dulu. Kalau sekarang, buat keluar rumah aja takut. huhu.

Oya, teman-teman ada yang pernah ke Jawa Tengah? Atau ada yang tinggal di Jawa Tengah? Aku pribadi sih untuk daerah Jawa, Cuma baru pernah ke Yogya haha. Doain ya ada rezeki buat muterin Indonesia. Amin. Btw, di Jawa Tengah, tepatnya di Magelang memiliki salah satu Candi Buddha yang besar dan kokoh yaitu Candi Borobudur.

Pasti udah pada sering kan denger terkait Candi Borobudur? Atau teman-teman pernah kesana? Kayanya aku pernah lihat juga gambar Candi Borobudur di buku pelajaran saat SD. Kalau nggak salah ingat ya haha.
Candi Borobudur sendiri memiliki konstruksi bangunan yang sangat megah dan kokoh. 


Banyak masyarakat yang melakukan wisata Candi Borobudur. Walaupun aku belum pernah kesini, tapi aku sering mendengar apa-apa saja yang teman-teman aku lakuin jika ke candi ini. Selain itu, aku juga suka membaca hal-hal terkait travelling. Dari yang aku baca dan dengar, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di sini, tempat ini sering digunakan untuk wisata anak sekolah sebagai wisata edukasi, wisata keluarga, dan juga sering digunakan untuk wisata sejarah para turis mancanegara.

Berikut beberapa kegiatan bisa dilakukan di Candi Borobudur. Aku rangkum disini, biar suatu saat nanti aku kesana, aku bisa langsung melakukan kegiatan-kegiatan ini. jadinya nggak bingung lagi deh haha. 

candi borobudur
source: google



Berjalan di Sepanjang Jalan Menuju Candi Borobudur Ditemani dengan Berbagai Aksesoris Menarik dan Pemandangan Gagahnya Candi
Saat mulai membeli tiket, akan diberikan kain yang digunakan sebagai sarung dengan motif batik yang sangat unik dan menambah nilai keindahan fashion. Setelah dari loket tentunya mulai masuk ke bagian Candi. Perjalanannya memang cukup jauh akan tetapi katanya sih tidak akan pernah bosan sebab terdapat banyak aksesoris menarik di sepanjang jalan.

Aksesoris tersebut juga beragam dan membuat para pengunjung menghentikan langkah hanya untuk mengambil gambar. Jalan tersebut dihiasi dengan payung, kupu-kupu, bermacam lampu, bambu, dan lain sebagainya. Selain aksesoris, pengunjung juga akan betah karena banyak pepohonan yang rindang dengan pinggiran jalan yang hijau dan masih sangat asri.

Menikmati Bermain dan Bercanda di Halaman Candi Borobudur yang Hijau dan Asri
Setelah sampai di pelataran Candi, pengunjung akan diberikan pemandangan yang indah yaitu halaman di sekitar candi yang sangat hijau dan luas. Banyak yang menunda masuk ke dalam candi hanya untuk berfoto ria dan bermain dengan partner wisata Candi Borobudur. Sangat menyenangkan apalagi pemandangan rumput hijau dipadukan dengan gagahnya bangunan candi. Di sini pengunjung akan mengolah kreativitas mengambil gambar yang ciamik.

Pintu Masuk Candi yang Sangat Eksotis dan Mengagumkan. Bisa dijangkau dengan mulai Menaiki Anak Tangga
Setelah puas bermain di padang rumput sekitar candi, selanjutnya masuk ke inti Candi yang hanya bisa ditempuh dengan menaiki anak tangga. Namun yang menjadi perhatian adalah pintu masuk yang sangat fotogenik. Salah satu rekomendasi untuk tempat photo.


Melihat dan Menyentuh Bagian Relief Candi yang Menakjubkan
Saat lelah menaiki anak tangga yang banyak, bisa istirahat terlebih dahulu dengan melihat relief yang terdapat di beberapa dinding candi, menyentuh relief sangat menakjubkan, relief ini tercipta dengan pahatan secara manual dengan hasil yang sangat halus dan memukau. Di dalamnya ada suatu cerita yang tersirat dan membuat penasaran setiap pengunjung.

Berfoto di Antara Stupa dengan Pemandangan Sunset
Saat sore hari merupakan waktu yang tepat untuk berfoto, dengan kilauan  semburat cahaya senja di atas candi membuat setiap gambar yang diambil menjadi sangat artistik. Dengan stupa yang menakjubkan, dipadukan dengan pemandangan alam yang masih sangat asri dan ditambah dengan jingganya matahari senja membuat foto semakin dramatis dan memiliki nilai estetika tinggi.

Menikmati Ketinggian Candi Borobudur Bak Berada di Atas Awan
Saat pagi hari yang dingin, apalagi setelah terjadi hujan lebat. Berjalan dan berdiri di atas puncak Candi Borobudur seakan-akan berdiri di atas awan. Kabut yang menyelimuti candi sehingga berasa berada di atas awan. Namun, kesempatan ini jarang terjadi, hanya saat-saat tertentu saja. Jika mendapatkan momen ini pasti menjadi hal yang sangat menyejukkan.

Membeli Oleh-oleh Khas Candi Borobudur
Tentu saja yang tak pernah lupa dari berwisata adalah membeli oleh-oleh. Di sini banyak penjual yang menjual berbagai kerajinan tangan dari mulai pernak-pernik kecil, tas, dan yang menarik adalah cobek alias lemper. Di sini banyak penjual lemper dengan berbagai macam ukuran, mereka mengklaim menggunakan batu alam yang asli.

Itu tadi beberapa rangkaian kegiatan yang bisa dilakukan saat melakukan wisata Candi Borobudur. Mungkin kegiatan ini bisa menjadi referensi bagi aku pribadi atau orang lain saat mengunjungi Candi Borobudur. Semoga suatu hari nanti aku bisa kesana amin. Oke deh, mungkin segini dulu. Salam sayang, @muthihaura1.
Selasa, 7 April 2020. 19.42 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

0 komentar: