Penipuan 2-Jutaan Rupiah @ekamutya_shop

21.43 muthihaura 7 Comments


Halo Assalamua’laikum. Bagaimana nih kabarnya teman-teman semua? Semoga selalu sehat ya. Amin. Udah lama banget nggak nulis huhu. Iya memang, susah banget untuk konsisten nulis tiap hari. Pr banget. Aku memang nargetin untuk satu tulisan satu hari, sama kaya youtube.



Tapi entah kenapa lebih enakan take video youtube ketimbang nulis huhu. Mungkin karna kegiatan yang aku take itu adalah sesuatu yang juga aku suka kali ya. Semoga saja aku benar-benar bisa konsisten. Amin.

Ingat Mut, konsisten itu dijalankan, bukan Cuma diucapkan. Oya, teman-teman masih ingat nggak tulisanku balada belanja online. Ternyata, aku benar-benar ditipu. Aku bakal spill nama toko onlinenya. Aku sama sekali bukannya ingin menjatuhkan rezeki orang lain, hanya saja, ini benar-benar penipuan dan korbanny udah banyak.




Hingga tanggal 9 Mei ini, sejak pemesanan ditanggal 20, barang aku benar-benar belum sampai. Atau lebih tepatnya, nggak akan pernah sampai. Oke deh, aku bakal cerita kronologinya, semoga teman-teman bisa ngambil pelajaran ya dari kasus yang aku alamin ini.

Semoga teman-teman juga bisa lebih berhati-hati. Dan buat aku, mungkin ini salah satu teguran karna sedekah aku kurang. Akan ada pembelajaran disetiap apa yang dialami, iya kan?

Jadi gini, sebenarnya aku antara maju mundur untuk cerita, tapi aku nggak pengen makin banyak yang ketipu lagi dengan olshop ini. Disini aku juga ngaku salah karna nggak teliti dalam memilih olshop. Oya, ini tulisan hampir sama dengan thread aku di twitter, tapi nggak apalah ya. Kan kejadiannya emang gitu.

Aku kemakan harga barang murah dan resi-resi palsu yang mereka tampilkan di instagram ekamutya_shop ini. Jadi ceritanya, ditanggal 20 April lalu, aku mesan barang seperangkat alat masak lengkap. Aku pengen banget barang ini karna aku lagi suka banget masak.

Sampe kepinginnya jadi nggak bisa berfikir rasional klo barang sebanyak itu nggak mungkin di bandrol dengan harga 198.000 dan gratis ongkir lagi.

Aku chat WA nya atas nama Lia Sundari ditanggal 19 April. Ditanggal 20 Aprilnya, aku langsung transfer uang.


bukti pembayaranku
bukti pembayaran

Setelah ngirim, aku sama sekali nggak dikirimin resi. Kesal dong.
Di tanggal 25 April, aku chat lagi untuk nanya resi. Aku rasa, aku nanya dengan cukup sopan, eh tapi malah di blok dong. Kesal banget. Aku suruh doi ngechat, ceklis dua. Dibalas malah. 

pas doi ngechat dibalas
Doi ngechat trus dibales


Aku masih nyoba berfikir positif, mungkin karna saking banyaknya yang beli, jadi mereka pusing kalau ditanya resi-resi mulu. Ya udah tunggu aja gitu menurutku. Ditanggal 26 April karna walaupun coba berfikir positif, aku masih kesal, akhirnya aku nulis di blog aku terkait kasus ini dengan tanpa menyebutkan nama atau identitas olshop ini.

Aku jadikan story tulisan blog ini dan aku tandain ekamutya_shop dengan tanda samar gitu. Eh aku langsung di blok. Aku jadi nggak bisa lagi berfikiran positif. Nah kemaren pas ditanggal 2 Mei, ekamutya_shop ini live. Ada yang komen.


Akhirnya aku dm mba yang komen di live ig ekamutya_shop ini. Mbanya bilang kalau kita ditipu. Banyak juga rupanya yang chat si mba ini gegara dy koment di live ig ekamutya_shop ini. 

chat ke ika
Salah satu chat ke mbak Ikanya.

chat ke ika
Chat ke mbak Ika

Akhirnya, kami sepakat untuk bikin grub di dm. Ternyata memang ramai yang kena. Ini isi chat grub di instagram.
chat di grub 1
chat di grub 1
 
chat di grub 2
chat grub 2
 

 
chat di grub 3
chat di grub 3

chat di grub 4
chat di grub 4


chat di grub 5
chat di grub 5


chat di grub 6
chat di grub 6

chat di grub 7
chat di grub 7


chat di grub 8
chat di grub 8
Yang paling sedihnya ini. Mba ini beli sembakoan untuk anak yatim piatu dan janda-janda. Kena 2,5 jutaan. Tapi sampai saat ini, barang nggak dikirim dan wa di block. Ya Allah gini banget nyari uang sampai makan hak anak yatim piatu.


Trus tadi pagi, ada mba yang baru gabung juga di grub. Mba Ressy_juanda. Mba ini beli masker dan handsanitizer. Total belanjaannya 2,3 juta. Tapi sampai sekarang barang nggak datang. Malah di blokir juga instagramnya sama ekamutya_shop.

Sedih banget ditengah pandemi dan dibulan ramadhan gini masih ada juga yang nipu. Kenapa nggak ngasih makan keluarga dengan uang halal sih? Jadi, akun ekamutya_shop ini punya tiga rekening. Rekening atas nama Lia Sundari Bank BTPN 90200040299 pas di cek di cekrekening.id, ada 9 pelaporan.  

cek rekening
di cekrekening
 
di cekrekening

Rekening atas nama Noor Aina Bank BTPN 90200031230 saat di cek di cekrekening.id ada 23 laporan. Rekening atas nama Rizka Desyana Bank BTPN 90300046989 terdapat 1 laporan.

Dari thread ini, aku meminta kepada teman-teman untuk tetap berhati-hati. Akun olshop ekamutya_shop ini entah menipu sudah berapa banyak orang. Dy juga punya akun di facebook dengan nama yang sama. Entah orangnya sama atau nggak, aku juga gatau.

Nah gitu kronologinya. Oya, diatas, aku cerita kalau akun aku di blokir, trus kok bisa lihat story dan mantau ig @ekamutya_shop? Jadi aku megang lima akun. Satu akun olshop aku, @hmbeautycare1. Tiga akun pribadi, sedangkan satu lagi, akun kerjaan.



Jadi disaat yang satu di blokir, aku masih bisa pantau di akun lainnya. Oke deh, mungkin segini dulu. Semoga bermanfaat ya. Semoga teman-teman lebih hati-hati. Tetap jaga kesehatan. Salam sayang, @muthihaura1.
Sabtu, 9 Mei 2020. 22.50 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

7 komentar:

  1. Ya Allah, semoga diganti sama Allah dengan yang lebih baik ya mbak. Nggak habis pikir, kok tega pas krisis kek gini. :(

    BalasHapus
  2. mudah mudahan cepat kena karma tu orang, ambil uang orang se enaknya aja. Sabar ya mba mut, mudah mudahan rezekinya di ganti... tetap hati-hati.. makasi udah sharing buat pembaca

    BalasHapus
  3. Aku juga kenak kak waktu itu beli baju import Dari bangkok Walaupun cuman 180-an ribuan tapi kesal sekarang modusnya kalau di Instagram dia nanti bakal ganti nama user nya. padahal followers Dan testimonial nya meyakinkan :') Terus nanti maksa bgt buat minta CEPAT di tf selain itu biasanya komentar ig nya di limited kesal banget tapi gapapa mungkin besok harus lebih teliti lagi

    BalasHapus
  4. Ikhlasin yaa mba Muthi. Semoga nanti diganti sama Allah berkali-kali lipatnyaa. Aamiin.

    Btw, kenapa gak report akun IG nya aja mba? Biar instagram yg take down akunnya. Jadi gak bisa di pakai lagi. Udah pernah coba report account kah?

    BalasHapus
  5. Wah banya yang dh kena itu. Emg ga bnyak sih, tapi kalau yg kena banyak org, ndulang duit dia. Mudahan cpat dpat karma

    BalasHapus
  6. Oh no.
    Ga ingat pernah ketipu belanja online, tapi Levin ketipu barangnya ga semua dengan yg ditampilkan. Bnyk juga teman teman & sodara yg ketipu. Makanya klo bisa aku belanja di zalora atau cod aja sekalian

    BalasHapus
  7. Waduh parah, aku kalau skrg belanja di e-commerce aja, atau kalaupun memang di instagram yang betul terpercaya.

    BalasHapus