Ngasilin Uang Lewat Sosial Media? Bisa!

11.42 muthihaura 2 Comments


Assalamua’laikum. Halo teman-teman semua. Udah Juni 2020. Nggak kerasa ya ternyata udah hampir tiga bulanan dirumah aja. Hampir tiga bulanan apa emang udah tiga bulan lebih ya? Sekitar segitu deh. Dikatakan bosan, nggak juga sih, soalnya beberapa plan-plan aku ditahun 2020 ini, aku alihkan untuk fokus dirumah aja.


Jadi walaupun nggak bisa bebas keluar-keluar, target-target itu tetap terjalankan. Berada dirumah aja bukan masalah besar buat aku, apalagi bagi aku yang introvert ini, tapi tetap saja merindukan suasana keluar rumah tanpa ada yang dikhawatirkan itu pasti.

Nah, walaupun dirumah aja, Alhamdulillah penghasilan tetap ada. Job-job tetap lancar. Kok bisa? Kerja apa, Mut? Aku memang jualan online di @hmbeautycare1, tapi dipostingan kali ini, aku nggak akan ngebahas dulu tentang jualan online. Kali ini, aku pengen sharing kenapa aku bisa dapetin uang lewat sosial media yang aku punya.

Di Juli 2013 lalu, saat aku baru lulus SMA, kan ada jeda waktu tuh beberapa bulan sebelum masuk kuliah. Jeda waktu yang beberapa bulan itu, aku manfatin buat aktif di blog dan nulis buku. Alhamdulillah ternyata keduanya itu nggak sia-sia.


Dari libur menuju kuliah itu, buku yang aku tulis, Always Love You diterbitkan secara mayor. Senang? Off course. Dari uang inilah aku bisa beli handphone baru yang ada kameranya, karna sebelumnya itu. Hp aku nggak pakai kamera alias BBS.

Kalau di blog sendiri, aku sama sekali nggak tau bahwa ternyata ngeblogging bisa ngasilin uang. Aku lupa kapan pertama kali dapetin uang lewat blog. Kayanya disekitar tahun 2015-an deh. Nah, karna aku punya blog, orang-orang jadi kenal deh kalau aku itu seorang blogger.


Aku juga masuk komunitas blogger, mulai dari kancut blogger, blogger energy, Blogger Perempuan, dan lain sebagainya. Dari situ juga aku baru ngeh bahwa nggak hanya blog yang bisa menghasilkan, sosial media lainnya pun bisa menghasilkan seperti twitter, instagram, dan facebook. 

menghasilkan uang
Menghasilkan uang

Mulai deh tawaran kerja sama merembet dari blog ke sosial media hingga kini. Feenya pun beragam tergantung followers kita di sosial media. Ada yang satu juta untuk posting setiap hari di twitter, instagram, dan facebook. Ada juga yang sekali posting di instagram itu Rp.100.000. Ada juga ngendors barang yang kudu diposting di instagram. Ada juga yang dapat makan gratis dan nonton gratis, lalu kemudian di posting di sosial media yang dipunya.

Beragam deh feenya dan Alhamdulillah banget. Sejauh ini untuk masalah fee, selain uang, aku pernah ngerasain makan gratis, nginap di hotel gratis, nonton di bioskop film terbaru gratis, produk gratis, dan lain sebagainya. Itulah kenapa aku punya tiga akun instagram yang tengah berusaha aku besarkan.

Kenapa bikin tiga, Mut? Kenapa nggak satu aja yang dibesarkan dulu, jadi semuanya digabung dalam satu akun itu? Jadi gini. Agensi yang ngajakin kerja sama itu selain ngelihat followers dan engagement kita, mereka juga ngelihat isis feed kita. Kalau isinya gado-gado, mereka bakal bingung. Ragu-ragu apakah bakal ngasih job itu ke kamu apa nggak. Kecuali kalau kamu artis.

Nah makanya butuh banyak akun dengan tema berbeda. Kalau aku cukup tiga saja. Soalnya kalau terlalu banyak, agak susah ngehandlenya. Aku milih tiga, satu akun personal @muthihaura1, akun ngebahas terkait skincare di @skincarehauraa, dan akun seputar dunia perdapuran di @dapurhauraa. Dari ketiga akun ini, akun @dapurhauraa yang masih bayi banget.

Followersnya 231, tapi engagementnya aku cek bagus sih. Nah, dari ketiga akun ini, rata-rata yang aku posting itu job, kecuali di akun @dapurhauraa ya. Dan In syaa Allah apa yang aku posting itu walaupun job, tetap ditulis sesuai keadaan aku sebenarnya. Jadi nggak membaguskan atau menjelekkan job tersebut. Aku posting real sesuai apa yang aku rasakan.

Jika teman-teman ingin menghasilkan uang melalui sosial media juga, bisa kok! Siapa bilang nggak bisa. Langkah pertama yang teman-teman harus lakukan adalah, punya akun di sosial media, baik itu instagram, twitter, dan facebook.

Tentukan akun itu akan dibahas tentang apa, kalau facebook dan twitter nggak terlalu baku ya. Isinya random pun tetap bisa dapat job. Cuma kalau di instagram memang kudu menentukan tema. Kalau kamu suka masak, ya udah bikin akun untuk masak. Kalau kamu suka berkebun, bisa juga bikin akun khusus posting kegiatan berkebunmu.

Atau kamu suka jalan-jalan, bisa juga buat akun jalan-jalan. Apapun itu, semua pasti bisa menghasilkan uang dari sosial media. Ketimbang sosial media Cuma untuk ngepoin mantan, mending jadikan lebih berfaedah, kan? Untung-untung bisa ngasilin cuan yang banyak haha.

Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah, fokus dan disiplin. Fokus terhadap akunmu itu dan disipilin posting. Ini yang penting, disiplin posting. Kalau bisa, posting lima kali dalam sehari. Oya, kalau mau posting, bukan posting yang abal-abal ya. Posting sesuatu menurut tema instagrammu dan sekiranya bermanfaat untuk khalayak.

Tujuan orang follow akun kita itu karna apa? Ya karna nggak manfaatnya dari postingan-postingan kita. Kalau akun kita menurut orang lain nggak ada manfaatnya, ya mereka mana mau follow. Sama juga dengan kita, kita ngefollow akun karna suka dan bermanfaat kan?

Begitu juga orang lain, jadi kita harus mengoptimalkan apa yang kita upload baik itu dari segi photonya atau videonya dan kata-katanya. Langkah ketiga, posting apa adanya kamu. Jangan memaksa untuk memposting sesuatu yang sama sekali nggak kamu. Bahasa simplenya, tetap jadi diri sendiri.

Jangan mencoba menjadi orang lain yang udah kamu anggap sukses dan akhirnya kamu justru menghilangkan ciri khasmu sendiri. Ingat, tiap orang punya jalannya masing-masing. Kamu boleh belajar dari kesuksesan orang lain, tapi bukan untuk menjadi seperti orang tersebut. kembangkan dengan ciri khas kamu sendiri.

Oke deh. Mungkin segini dulu tulisan menghasilkan uang dari media sosialnya. Nggak detail sih, Cuma ini garis besarnya aja. Untuk tulisan lebih detailnya, nanti aku posting dilain kesempaan deh. Kalau diposting semuanya langsung kesini, terlalu kepanjangan. Oke deh, salam sayang, @muthihaura1.
Jum’at, 5 Juni 2020. 21.26 WIB

Baca Artikel Populer Lainnya

2 komentar:

  1. Kangen banget Kancut Keblenger, tapi temen2 yg kenal dulu udah pada pensiun ngeblognya. Emang blog itu kayak portofolio kita, jadi banyak kenal orang karena mereka nyangkut di blog kita, termasuk duit hehe.

    BalasHapus
  2. komunitas kancut keblenger emang masih ada ya kak?

    BalasHapus