Jalan-jalan ke Bogor Cuma Habis 10 Ribuan, Kok Bisa?

20.43 muthihaura 0 Comments

www.muthihaura.com – Pada 18 Februari 2023 lalu, tepatnya di hari Sabtu, aku dan pak suami pergi main ke Kota Bogor. Tentu saja ide pak suami.

Salah satu yang bikin happy bareng pak suami ini adalah, dia orangnya suka jalan-jalan. Jadi, kalau aku diajak jalan, ya oke-oke aja. Malah ayok gitu haha.

Lagian, ini pertama kalinya aku ke Kota Bogor. Maklum, aku baru sebulanan ini menetap di Jakarta Selatan. Perjalanan ke Kota Bogor ini sendiri Cuma memakan waktu sejaman lebih naik kereta api.

Yap, naik kereta, jadi budgetnya lumayan terjangkau lah ya hehe. Aku dan pak suami naik kereta di stasiun Duren Kalibata. Motor pak su sendiri, ditinggal di parkiran stasiun.

Saat memasuki stasiun, jangan lupa bayar dengan e-money ya. Untuk pembayarannya, perorang kurang lebih 3 ribuan. Jadi kalau berdua, sekitar 6 ribuan. Ditambah parkir motor kena 9 ribuan. Totalnya 10 ribuan lebih.

bareng pak su
Bareng pak su di Kota Bogor

Lumayan murah bukan? Jadi kalau kamu kamu yang dari Riau sedang berada di Jakarta Selatan, untuk main-main atau melancong ala-ala ke Bogor Cuma menghabiskan Rp 10 ribuan. Tentu saja ini diluar jajanan yang ingin kamu coba saat sampai di Bogor ya.

10 ribuan ini murni Cuma uang jalan dan parkir doang. Nah, setelah sampai di Kota Bogor, kami disambut dengan hujan. Memang ya, Kota Bogor identik dengan hujannya.

Banyak sekali anak-anak bahkan orang dewasa yang menjajakan jas hujan. Juga ojek payung. Alhamdulillahnya, pak suami udah siap sedia. Kami udah bawa jas hujan dan payung langsung dari rumah.

Nyampai Bogor itu, perut kami sudah sedikit lapar. Akhirnya, kami mutusin buat beli roti unyil. Roti unyil ini, satu kotak yang isinya 10 dibandrol dengan harga Rp 18 ribuan.

roti unyil
Roti unyil

Kami makan ini roti di dekat istana presiden. Tentu saja masih ditemani hujan. Usai menyantap roti, kami melihat rusa. Salah satu hewan yang baru pertama kali juga kutemui haha.

aku dan rusa
aku dan rusa

Setelah puas bermain-main dengan rusa, aku dan pak suami mengelilingi sekitaran istana presiden. Ada juga gedung-gedung yang berdiri sejak zaman penjajahan Belanda.

Puas mengelilingi sebagian kecil Kota Bogor, aku dan pak suami mencari jajanan gemblong. Kata pak su, ini salah satu makanan yang hanya ada di Kota Bogor. 

gemblong
Gemblong

Gemblong sendiri terbuat dari campuran ketan dan kelapa. Bagian luarnya berlapis gula karamel.  Rasanya tentu saja enak. Pak suami sangat suka.

Kami membeli gemblong Rp 10 ribu dengan isian 5. Yang paling banyak makan tentu saja pak suami haha. Setelah menikmati gemblong, aku dan pak suami sholat di masjid yang letaknya tak terlalu jauh dari stasiun.

Usai sholat ashar, kami memutuskan untuk pulang kembali ke Jakarta. Dari perjalanan Jakarta ke Bogor ini, aku belajar banyak hal. Aku bakal jabarin tiga diantaranya.

Pertama, perjalanan itu jadi makin mengasyikkan jika bersama orang yang tepat. Bayangin deh kalau kamu pergi jalan dengan orang yang nggak kamu sreg.

Pasti ada aja deh bawaannya yang bikin nggak happy. Beda kalau pergi sama orang yang tepat. Bukan masalah sejauh mana perginya, tapi orangnya.

Pelajaran kedua, Bogor merupakan salah satu kota bersejarah. Kota yang menjadi bukti perjuangan pemuda-pemuda Indonesia dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Bogor akan tetap menjadi kota penuh sejarah hingga kapan pun. Kota dengan banyaknya kenangan. Ketiga, semakin kamu melakukan perjalanan, semakin banyak kamu akan belajar banyak hal.

Kamu akan ketemu orang baru, tempat baru, suasana baru. Semuanya akan memberikan insight baru buat dirimu. Akan menambah wawasan kamu tentang banyak hal. Semoga ini bukan yang pertama dan terakhir kalinya aku menjambangi kota ini.

One day In syaa Allah amin. Untuk pak su, trimakasih udah ngajakin jalan. Trimakasih udah selalu sabar. I love you. Salam sayang, Muthi Haura.

Jakarta Selatan, Selasa, 14 Maret 2023. 20.22 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

0 komentar: